• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Disiapkan Rp5 M untuk Pilbup PPU 2013

PENAJAM – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) telah menganggarkan Rp5 miliar melalui APBD tahun 2012 ini untuk pelaksanaan sejumlah kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, dalam rangka persiapan Pemilihan Umum Bupati (PIlbup) tahun 2013 mendatang. Demikian diungkapkan, Ketua KPU PPU, Andi Arfin.
Dituturkannya, anggaran sebesar Rp5 miliar tersebut untuk membiayai kegiatan tahapan Pilbup ditahun 2012 yang merupakan kegiatan persiapan, dimana dilakukan sejak Juli depan hingga Desember mendatang.
“Kegiatan Pilbup ditahun 2012 ini yang kami lakukan diantaranya, tahapan pembentukan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), dari pengumuman hingga pelantikan termasuk sejumlah pelatihan-pelatihan,”ujarnya.
Ditahun ini juga, lanjutnya, KPU mengadakan sejumlah brosur dan spanduk termasukan melakukan pencocokan dan penelitian(Coklit) data pemilih berdasarkan data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang diserahkan oleh Pemkab PPU di bulan November depan, di bulan Desember juga dilakukan verifikasi factual dukungan calon pasangan bupati dari perorangan yang disampaikan oleh tim perorangan.
Untuk diketahui, tambah Andi Arfin, KPU dan Pemkab di Juli ini telah menjadwalkan untuk melakukan penandatangan MoU pelaksanaan Pilbup. Kegiatan konsultasi dan Koordinasi dengan KPU provinsi dan pusat terkait perkemban regulasi pelaksanaan Pilbup juga telah dijadwalkan di bulan Juli ini.”Sosialisasi terhadap Partai Politik dan tokoh masyarakat
Dibeberkannya, pada tahapan Pilbup tahun 2013 mendatang, KPU PPU kembali mengajukan usulan anggaran Pilbup kepada Pemkab PPU dengan nilai Rp10 miliar lebih, nilai ini diakui lebih besar, dikarenakan ditahun itu jumlah kegiatan mengalami peningkatan selain itu juga mengantisipasi terjadinya pemilihan putaran kedua.
Menurutnya, sesuai UU dan Peraturan pelaksanaan Pilbup setiap Partai politik memiliki peluang untuk mengajukan pasangan calon asalkan jumlah suaranya dalam Pemilu legislative (Pileg) minimal sebesar 15 persen. jadi walaupun ada Parpol peserta pemilu tahun 2008 lalu, tidak ada kadernya duduk di Parlemen, namun pada Pilbup nanti masih bisa mengajukan pasangan calon dengan cara berkoalisi, agar jumlagh 15 persen suara sah tercapai.

* Sumber: Koran Kaltim

Leave a Reply