• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Pilbup PPU Tetap Satu Paket

PENAJAM – Pelaksanaan Pemilihan Umum Bupati (Pilbup) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), yang digelar tahun 2013 mendatang tetap dilaksanakan satu paket pasangan yakni memilih bupati beserta pasangan wakil bupatinya. Demikian ditegaskan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PPU, Andi Arfin.
“Walaupun UU nomor 15 tahun 2011 telah disahkan, namun kami tetap menjadwalkan Pilbup satu paket, bukan untuk memilih satu orang bupatinya saja, pelaksanaan ini tidak jauh beda mekanismenya dengan Pilbup tahun 2008 silam,”ucapnya.
Dijelaskannya, UU nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu tersebut, hanya mengatur penyelenggaraannya saja bukan mekanisme pemilihannya, sebab UU Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah yang didalamnya juga mengaturan mekanisme pemilihan, namun hingga kini masih berlaku belum dilakukan revisi oleh DPR RI.
Andi Arfin menambahkan, pelaksanaan Pilbup direncanakan pada April 2013 mendatang, tentunya KPU PPU tetap menggunakan mekanisme paket dan tidak dijadikan satu atau terpisah dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub), masalah ini telah pihaknya koordinasikan dengan KPU Provinsi Kaltim.
“Baru – baru lalu, kami telah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan KPU Provinsi Kaltim terkait dengan perencanaan tahapan Pilbup, dan kegiatan Pilgub serta Pilbup dilaksanakan terpisah tidak menadi satu seperti tahun 2008 silam,”urainya.
Sementara ditahun 2012 ini, lanjut Andi Arfin, tepatnya dibulan Juli dan Juni dijadwakan Pilbup PPU memasuki pra tahapan dan dibulan itu juga pihaknya akan membuat rancangan ketetapan KPU, rancangan ini bisa saja berubah menyesuikan dengan kondisi putusan pemerintah pusat. “Apapun perubahannya keputusan tersebut nantinya kita tuangkan dalam ketetapan KPU PPU, termasuk bilamana ada perubahan mekanisme pelaksanaan Pilbup nanti,”katanya.

Sumber: Koran Kaltim

Leave a Reply