• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Kab. PPU Sosialisasikan Tahapan dan Verifikasi Parpol

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa kemarin (11/9), menggelar sosialisasi  tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu anggota DPRD, DPD dan DPRD 2014 serta sosialisasi  tata cara pendaftaran, verifikasi danpenetapan partai politik (Parpol)  peseta pemilu DPR, DPPRD Provinsi dan Kabupaten/ kota.
Ketua KPU PPU, Andi Arfin sesuai kegiatan menuturkan, sosialisasi ini digelar agar seluruh Parpol di PPU dapat lebih memahami mekanisme pelaksanaan Pemilu tahun 2014, dimana pada saat ini telah dikeluarkan dua  Peraturan, yakni Peraturan KPU  Nomor 11 tahun 2012 tentang perubahan atas Peraturan KPU nomor 07 tahun 2012 tentang tahapan, program, dan jadual penyelenggaraan pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah, dan dewan perwakilan rakyat daerah tahun 2014.
Kemudian tambahnya, Peraturan KPU nomor 12 tahun 2012 tentang perubahan atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 8 tahun 2012 tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu anggota dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan rakyat daerah provinsi, dan dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten/kota.
Dalam dua peraturan tersebut, jelasnya, sesuai dengan peraturan KPU nomor 12 tahun 2012  semua partai politik calon peserta Pemilihan Umum harus melalui proses pendaftaran, verifikasi dan penetapan sebagai peserta Pemilinan Umum 2014. Sedangkan pada Peraturan nomor 11 tahun disebutkan, verifikasi Parpol ke KPU Kabupaten dan kota  berupa kelengkapan fotokopi Kartu Tanda Anggota (KTA) serta susunan pengurus dan alamat sekretariatnya.
“Kegiatan sosialisasi ini diikuti lebih kurang 150 orang terdiri dari seluruh pengurus Parpol di PPU yang berjumlah lebih kurang 38 Parpol, empat orang Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kesbanglinmas dan Politik PPU. seluruh peserta, memiliki keterkait dalam Pemilu nanti,”terangnya.
Ia mencontohkan, untuk Camat, Lurah dan Kades nantinya berperan untuk mengetahui keberadaan tempat sekretariat serta kepengurusan Parpol di wilayahnya masing-masing, dimana ketika melakukan verifikasi Parpol harus memiliki surat keterangan dari aparat kecamatan dan desa itu. Data pengurus Parpol juga harus terdaftar di Kesbanglinmas dan Politik PPU.
Untuk diketahui, lanjut Andi Arfin, hingga saat ini jumlah Parpol yang telah resmi melakukan verifikasi berupa penyerahan berkas,  KTA, surat keterangan domisi kantor sekretariat partai serta pengurusnya mencapai 13 Parpol dari total 38 Parpol peserta Pemilu tahun 2009 lalu. Kemungkinan jumlah parpol bisa bertambah, mengingat batas verifikasi ini berakhir hingga 29 September mendatang.
“Parpol yang telah resmi menyerahkan KTP Keterangan Domisi Kantor dan daftar kepengurus tersebut, antara lain, Partai Golkar, PKS, PAN, PDI-Perjuangan, Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK),” beber Andi Arfin.
Setelah batas akhir penyerahan berkas verifikasi berakhir, terangnya, maka pihaknya akan melakukan tahapan verifikasi factual berupa penelitian KTA, pengecekan kantor sekretariat Parpol serta penelitian kepengurusannya, dimana kegiatan itu digelar pada 26 Oktober hingga 20 November mendatang.***

Leave a Reply