• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Waktu Verifikasi Parpol Diperpanjang

PENAJAM – Waktu verifikasi untuk pengumpulan berkas kartu tanda anggota (KTA) sebagai syarat verifikasi faktual bagi Partai Politik (Parpol) untuk persiapan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU diperpanjang. Demikian diungkapkan, Ketua KPU PPU, Andi Arfin, kepada siang kemarin.
“Berdasarkan surat KPU pusat waktu penyerahan KTA di KPU Kabupaten/Kota kepada KPU Kabupaten awalnya dilakukan sejak 10 Agustus hingga  7 September, kini  telah diundur hingga 29 September, sehingga masih ada tenggang waktu bagi parpol untuk kembali mengmpulkan KTA kadernya yang belum terdata,”ucapnya.
Menurutnya, penyerahan KTA ini sebagai persiapan menuju Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Kabupaten  PPU pada tahun 2014, dan diketahui, ada beberapa Parpol sudah mulai mempersiapkan diri untuk ikut andil dalam perebutan kursi di dewan itu.
Untuk diketahui, lanjutnya, hingga saat ini jumlah Parpol yang telah menyerahkan sudah mencapai 16 Parpol baik yang memiliki keterwakilan di parlemen ataupun non parlemen.
“Memang kita telah mendapatkan data sejumlah Parpol yang menyerahkan KTA Kadernya, namun saya masih belum mengetahui jumlah pastinya, apalagi dengan diundurnya masa penyerahan, maka kemungkinan akan ada penambahan jumlah,”terangnya.
Dituturkannya, jumlah KTA yang harus diserahkan oleh Parpol minimal seribu  KTA. Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 52/PUU-X/2012, yang menyatakan bahwa semua Parpol  yang Parlementary Treshhold (PT), non PT dan partai baru harus diverifikasi faktual dimana minimal jumlah KTA yang dikumpulkan seribu KTA. Jumlah  Parpol peserta Pileg tahun 2009 lalu tingkat Nasional sebanyak 44 Parpol sedangkan di PPU ketika itu ada 34 Parpol, namun sejak dibuka pelaksanaan verifikasi KTA hingga kini baru resmi mendaftar 16 Parpol saja termasuk diantaranya Parpol baru terbentuk.
“Ada satu diantaranya Parpol yang melakukan pendaftarannamun  tidak masuk dalam daftar memenuhi syarat sebagai calon peserta Pemliu tahun 2014 mendatang atau gugur verifikasi tingkat pusat yakni Parti Patriot,”tukasnya.

sumber: korankaltim

Leave a Reply