• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Pengumuman Pendaftaran Anggota PPK dan PPS

 KOMISI PEMILIHAN UMUM

KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

 

Alamat : Jalan Propinsi Km 09 Nipah-Nipah Telp. ( 0542 ) 7211343, 7211353  Fax. ( 0542 ) 7211363

 

PENGUMUMAN PENDAFTARAN ANGGOTA PPK DAN PPS

 

 

  1. I.          Dasar Hukum

 

  1. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU No. 12 tahun 2008
  2. Undang-Undang  No. 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum
  3. Peraturan Pemerintah No. 6 tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan PP. No. 49 tahun 2008.

 

  1. II. Dalam rangka pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara Tahun 2013, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara akan mengadakan pendaftaran  Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan  Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan ketentuan sebagai berikut :

 

  1. 1.      SYARAT PENDAFTARAN PPK DAN PPS :
    1. Warga negara Indonesia;
    2. Berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun;
    3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang­-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
    4. Berdomisili di wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS;
    5. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil;
    6. Sehat jasmani dan rohani;
    7. Berpendidikan paling rendah SLTA/sederajat untuk PPK dan PPS;
    8. Diutamakan yang bisa mengoperasionalkan computer ( Word dan Excel)
    9. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
    10. Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang­-kurangnya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;
    11. Surat Pernyataan tidak memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon;
    12. Bagi PNS dan Perangkat Desa harus mendapat ijin dari atasan langsung dalam bentuk tertulis.

 

  1. 2.  ANGGOTA PPK DAN PPS
  1. Jumlah anggota PPK sebanyak 5 orang di setiap kecamatan
  2. Masa tugas anggota PPK adalah adalah 8 (delapan) bulan, terhitung sejak  bulan November 2012 sampai dengan bulan Juni 2013.
  3. Honorarium setiap bulannya :

Ketua PPK sebesar Rp. 1.500.000,-
Anggota PPK sebesar   Rp.1.250.000,-

 

  1. 3. ANGGOTA PPS
  1. Jumlah anggota PPS sebanyak 3 orang di setiap desa/kelurahan
  2. Masa tugas anggota PPS adalah adalah 8 (delapan) bulan, terhitung  sejak bulan November 2012 sampai dengan bulan Juni 2013
  3.  Honorarium setiap bulannya :

Ketua PPS sebesar Rp. 1.100.000,-

Anggota PPS sebesar Rp.1.000.000,-

 

 

  1. 4.      JADWAL PENDAFTARAN ANGGOTA PPK DAN PPS ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

 

NO

KEGIATAN

TANGGAL/

WAKTU

KETERANGAN

1

Pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran calon anggota PPK.

 26 Sep – 03 Oktober 2012

Kantor KPU Kab. Penajam Paser Utara

2

Penelitian administrasi berkas calon anggota PPK

04 – 05 Oktober 2012

Oleh KPU di Kantor KPU Kab. Penajam Paser Utara

3

Pengumuman hasil Seleksi Berkas Administrasi

06 Oktober 2012

Oleh KPU di Kantor KPU Kab. Penajam Paser utara

4

Tes tertulis calon anggota PPK-PPK-PPS

08 Oktober 2012

09 Oktober 2012

Kantor KPUD Kabupaten Penajam Paser Utara.Kantor Kecamatan setempat.

5

Pengumuman hasil tes tertulis bagi calon anggota PPK yang berhak mengikuti tes wawancara

13 Oktober 2012

Kantor  KPU Kab. Penajam Paser Utara

6

Tes wawancara calon anggota-PPK-PPS

15 Oktober 2012

16-19 Oktober 2012

Kantor KPUD Kabupaten Penajam Paser Utara.Kantor Kecamatan setempat.

7

Pengumuman hasil seleksi wawancara  calon anggota PPK

21 Oktober 2012

Kantor KPU kab. Penajam Paser Utara

8

Pelantikan dan raker anggota-PPK-PPS

29 Oktober 2012

02-05 November 2012

Tempat dan Jadwal selengkapnya bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi

 

1. 5.      KETENTUAN PENDAFTARAN

    • . Syarat sebagai Calon Anggota PPK/PPS
  1. Surat lamaran ditulis dengan tinta hitam ( diketik atau ditulis tangan ) yang ditujukan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, alamat  Jl. Propinsi Km 09 Nipah-Nipah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara;
  2. Fotocopy KTP yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang ;
  3. Bagi mantan anggota partai politik dilengkapi dengan Surat Keterangan tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 (lima ) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;
  4. Bagi PNS dan atau Perangkat Desa harus mendapatkan ijin dari atasan langsung dalam bentuk tertulis ;
  5. Surat lamaran beserta lampiran dimasukkan ke dalam amplop dan dikumpulkan :
  • Di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kab. Penajam Paser  Utara untuk PPK
  • Di Kantor desa/kelurahan  masing-masing untuk PPS

       6.  Pelamar dapat melampirkan keterangan atau bukti-bukti yang mendukung kompetensi calon.

 

  • Tambahan persyaratan setelah dinyatakan lolos tes tertulis dan  wawancara Anggota PPK/PPS :
  1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang diterbitkan oleh          Puskesmas setempat ;
  2. Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri bahwa yang bersangkutan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 (lima) tahun atau lebih (difasilitasi Komisi Pemilihan Umum Kab. Penajam Paser Utara ).

 

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

 

Penajam, 17 September  2012

Komisi Pemilihan Umum

                                                                       KETUA

 

                                                           ( Drs. Andi Arfin, M.Si )

Leave a Reply