• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Pendaftar Calon PPK dan PPS Capai 364 Orang

PENAJAM – Sebanyak 364 orang tercatat sebagai pendaftar calon anggota  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan  Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka penyelenggaraan pemilihan umum bupati dan wakil bupati (Pilbup) Penajam Paser Utara (PPU)  tahun 2013. Dengan jumlah pendaftar ini, maka telah terwakili untuk setiap PPK dan PPS.

Ketua KPU PPU, Andi Arfin menjelaskan, jumlah pendaftaran tersebut untuk PPS sebanyak 324 calon dan PPK 40 orang calon, nantinya akan diseleksi oleh KPU menjadi tiga orang per PPS dan lima  orang Per PPK. Formulir pendaftaran untuk PPS dibawah Keluarahan serta desa dimana setiap wilayah mengajukan enam orang calon, sedangkan PPK dari Kecamatan  dengan jumlah 10 orang perkecamatan.

“Enam orang yang dimasukan oleh desa dan kelurahan nanti akan diseleksi sehingga muncul sebanyak tiga orang anggota PPS tetap dan  tiga orang lagi sebagai cadangan. Serupa dengan PPK dari 10 yang ajukan lima dijadikan sebagai anggota PPK tetap dan sisanya sebagai cadangan,” katanya Jumat (5/10).

Para anggota PPK dan PPS yang dijadikan cadangan, terangnya, dipersiapakan untuk mengganti anggota tetap apabila dalam pelaksanaannya berhalangan, sehingga agar tidak menghambat kerja PPK dan PPS tersebut maka kekosongan segera diisi oleh cadangannya.

Jumlah PPS di PPU sebanyak 54 tempat sesuai dengan jumlah kelurahan/ desa di PPU sedangkan PPK sebanyak empat sejumlah Kecamatan yang ada, sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 289 dimana setiap TPS bakal dibentuk panitianya.

Berdasarkan hasil verifikasi berkas sementara, masih banyak ditemukan sejumlah calon PPS yang tidak memenuhi syarat, seperti syarat umur mnimal 25 tahun ternyata ada yang dibawah 25 tahun, kemudian  ijazah yang disyaratkan minimal SMA ternyata ada yang menggunakan ijazah SMP.

“Karena masih ditemukan calon PPS yang tidak memenuhi syarat dan keluarahan desa hanya menyerahkan enam nama saja, maka kami terpaksa melakukan perpanjangan waktu pendaftaran kembali khusus PPS saja, sedangkan PPK telah terakomodir. Seharusnya masa pendaftaran hingga Rabu (3/10) tetapi karena waktunya diperpanjang maka batas akhirnya pada Rabu mendatang (10/10) dan diumumkan tiga hari kedepannya,”ujar Andi Arfin.

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, akan langsung tes wawacara, tetapi jika masing-masing desa, kelurahan mengusulkan lebih dari enam calon dan kecamatan lebih dari 10 calon, maka tes tulis harus dilakukan, namun hanya pada PPK dan PPS yang jumlahnya lebih dari jumlah minimal calon.

“Hingga kini kami belum menemukan PPK yang lebih  dari 10 dan PPS lebih dari enam calon, semua berjumlah minimal calonnya,”katanya.

Dikatakannya, tes tertulis calon anggota PPK dan PPS digelar pada Senin (8/10)  hingga  Selasa (9/10) bertempat di kantor KPU PPU, pengumuman hasil tes tertulis bagi calon anggota PPK-PPS  yang berhak mengikuti tes wawancara  pada Sabtu (1/10). Sedangkan  untuk tes wawancara calon anggota PPK- PPS digelar pada  Senin hingga Sabtu (15-19/10), hasil tesnya  diumumkan  Minggu (21/10).  Pelantikan anggota PPK serta PPS sendiri dilakukan Senin mendatang (29/10).***

Leave a Reply