• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

40 Calon Anggota PPK Ikuti Tes Tertulis

PENAJAM,- Sebanyak 40 orang calon anggota Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil bupati  Penajam Paser Utara (PPU)  tahun 2013, mengikuti tes tertulis yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Senin (8/10) di gedung Gerbang Sepadu Penajam.

Seleksi atau tes tertulis yang digelar hari ini untuk menyeleksi seluruh calon PPK yang nantinya disusutkan menjadi 10 besar per PKK yang nantinya kembali melakukan tes wawacara guna mendapatkan lima orang anggota tetap dan lima anggota cadangan setiap Kecamatan.

Menurut Ketua KPU PPU, Andi Arfin,  calon anggota PPK yang mengikuti seleksi tertulis berasal dari tiga kecamatan saja, hal itu  karena jumlah pelamar PPK yang telah mengembalikan formulir isian lebih dari 10 orang, sehingga harus dilakukan tes tertulis guna mendapatkan 10 besar.

“Ketiga kecamatan tersebut, yakni PPK Penajam dengan jumlah peserta 17 orang, PPK Sepaku sebanyak 11 orang dan PPK Babulu mencapai 12 pelamar. Setelah mengikuti tes tertulis dan telah ditetapkan 10 besar dan kami umumkan pada Sabtu depan (13/10), selanjutnya para calon anggota PPK,  mengikuti tes wawancara guna mendapatkan lima orang anggota  tetap dan lima  cadangan,” terangnya.

Dijelaskannya, jumlah PPK di PPU sebanyak empat PPK masing-masing berisi empat orang anggota dan satu ketua, PPS mencapai 54 PPS setiap PPS terdiri dari dua anggota satu orang ketua, sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di PPU sebanyak  289 tempat dimana setiap TPS dibentuk kepanitiaannya oleh setiap PPS.

Sedangkan untuk PPK Waru,  karena jumlah pelamarnya telah mencapai 10 orang maka, tidak perlu lagi dilakukan tes tertulis, tetapi langsung seleksi wawancara. Hal serupa juga berlaku bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) setiap Desa dan Kelurahan, jika jumlah pelamarnya mencapai enam orang, langsung tes wawancara jika lebih dilakukan tes tertulis lebih dahulu sebelum ditetapkan tiga orang anggota tetap dan tiga cadangan.

“Bagi PPS yang jumlahnya melebihi enam orang pelamar, telah kami jadwalkan melaksanakan tes tertulis pada Selasa hari ini (9/10), yang digelar di masing-masing kecamatan setempat, peserta yang dinyatakan lulus tes tulis diumumkan Sabtu depan (13/10), nantinya melanjutkan ter wawancara serentak bersama PPS lainnya yang jumlah pelamarnya pas enam orang di  Selasa – Jumat (16-19/10),” bebernya.

Pengumuman hasil seleksi wawancara  calon anggota PPK dan PPS akan dilaksanakan pada Minggu mendatang (21/10) dan dilantik pada Senin (2/10). “Kami akui selain jumlah pelamar yang lebih ditingkat PPS, ada juga PPS yang pelamarnya tidak memenuhi syarat khususnya pada persyaratan ijazah terakhir dan usia, sehingga kami juga terpaksa melakukan perpanjangan waktu penerimaan calon hingga Rabu (10/10) guna mencukupkan tiga orang anggota tetap dan tiga cadangan,”kata Ketua KPU PPU Andi Arfin.***

Leave a Reply