• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Tes Wawancara Calon Anggota PPS Penajam

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU),  Selasa kemarin (16/10), bertempat digedung sidang Paripurna DPRD PPU,   menggelar tes wawancara terhadap 138 calon anggota Penitia Pemunggutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2013 berasal dari  kecamatan Penajam. Demikian dikatakan, Ketua KPU Kabupaten PPU, Andi Arfin melalui Devisi Informasi dan Hubungan antar Lembaga KPU, Fatmi Kurniastuti, sebelum digelarnya tes wawancara.

“Jumlah peserta yang mengikuti tes wawancara kali ini berasal dari 23 PPS se Kecamatan Penajam dengan jumlah berkisar 138 orang. Tes kali ini hanya diikuti oleh calon anggota PPS dari kecamatan Penajam saja, sedangkan kecamatan Sepaku, Waru dan Babulu dilakukan secara bertahap, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU PPU.Rencanannya setelah menggelar tes wawancara di Kecamatan Penajam, pada hari ini , akan dilanjutkan  tes di Kecamatan Sepaku, esok harinya Kamis (18/10) di Kecamatan Babulu dan kegiatan tes terakhir pada Jumat lusa (19/10) di Kecamatan Waru,”katanya

Ia menerangkan, Kegiatan hari ini merupakan salah satu  pelaksanaan tahapan Pemilukada  telah terjadwalkan, dimana pada hari ini dilakukan kegiatan tes wawamcara setelah sebelumnya digelar tes tertulis yang diikuti oleh seluruh calon anggota PPS. Jumlah masing-masing PPS yang direkomendasikan oleh Pemerintah Kelurahan dan Desa rata-rata memajukan nama sebanyak enam orang calon, namun ada juga mengajukan lebih tetapi  tidak semua lolos administrasi sehingga jumlahnya, mengalami pengurangan dari  enam orang atau dibawah jumlah minimal.

Dibeberkan Andi Arfin, tes wawancara ini nantinya akan memilih sebanyak tiga orang anggota tetap dan tiga orang cadangan, namun ada beberapa PPS yang jumlahnya hanya lima bahkan tiga nama saja atau berada dibawah jumlah minimal.“Jika jumlah PPS hanya lolos tiga orang saja , maka secara otomatis mereka dijadikan sebagai anggota tetap, tanpa ada anggota cadangan, sedangkan bila jumlahnya lima orang, maka kami pilih tiga orang anggota tetap dan sisanya sebagai cadangan,”terangnya.

Menurutnya, rata-rata setiap desa dan kelurahan telah mengajukan nama enam orang atau lebih, tetapi setelah melalui penyeleksian berkas, banyak yang gugur pada batasan usia dan ijazah terakhir, sehingga jumlah yang direkomendasikan kelurahan dan desa dibawah jumlah minimal.

Ia menambahkan, kebutuhaan anggota PPS tetap di 54 wilayah  Desa dan Kelurahan se  PPU berjumlah 162 orang masing-masing PPS  tiga orang terdiri dari satu orang ketua dan dua anggota sedangkan jumlah anggota cadangan dengan jumlah sama sebesar 162 orang pula.  Masa tugas anggota PPS PPU,     selama delapan bulan, terhitung  November 2012 sampai dengan bulan Juni 2013 depan, dimana besar honorarium setiap bulannya, untuk Ketua PPS sebesar Rp. 1.1 juta dan anggota Rp1 juta.(admin3)

 

Leave a Reply