• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Panwaslu Kaltim Agar Bentuk Panwaslu PPU

PENAJAM, – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Kaltim diharapkan segera membentuk Panwaslu PPU, pasalnya, pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wabup PPU telah berjalan beberapa minggu terakhir, dan telah dilaunching 3 Oktober 2012.

“Kami minta Panwaslu Provinsi Kaltim, segera membentuk Panwaslu PPU, walaupun saya tahu Panwaslu baru saja terbentuk di tingkat provinsi. Jadi menunggu waktu saja, “ ujar Wakil Ketua Komisi I DPRD PPU Habir.

Saat ini kebutuhan perangkat pengawas itu sudah sangat mendesak dibentuk di Kabupaten PPU, karena  jadwal tahapan Pilbub PPU 2013 telah berjalan. Sebaiknya Panwaslu harus segera terbentuk guna menghindari terjadinya masalah hukum dalam pelaksanaan Pemilukada di PPU.

“Kalau masalah cacat hukum apakah  tidak,  saya belum bisa berkomentar tapi intinya apa saja yang bersinggungan dengan hukum sebaiknya harus segera terbentuk termasuk lembaga Panwaslu  itu di PPU,” tegas Habir.

Untuk menuntaskan terbentuknya Panwaslu di PPU, dalam waktu segera, pihaknya menjadwalkan pemanggilan pihak terkait dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU. Namun, kapan waktu dilaksanakan kegiatan ini, setelah dikordinasikan dulu ke anggota Pansus lain. Sebab sekarang sejumlah anggota DPRD sedang berada di luar daerah  guna konsultasi sejumlah Raperda.

Ditegaskannya, semua yang menyangkut masalah hukum akan dievaluasi apalagi menyangkut keberadaan Panwaslu PPU sebagai salah satu perangkat pelaksanaan Pemilukada yang hingga kini belum terbentuk. Sementara suksesi pesta demokrasi sangat diharapkan seluruh masyarakat PPU.

“Kami berharap  pelaksanaan pesta demokarsi di PPU tahun 2013 depan  berjalan lancar tanpa kendala sesuai peraturan yang ada serta memiliki legalitas di mata hukum dan UU negara,” harapnya.

Seperti diketahui, tahapan Pilbup PPU sudah mulai dijalankan oleh KPU PPU. Salah satu kegiatan yang sedang berjalan adalah penerimaan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kecamatan dan kelurahan.

KPU PPU saat ini sudah pada tahapan tes wawancara para calon anggota PPS tingkat kecamatan dan PPS tingkat kelurahan, khususnya di Kecamatan Penajam. Sementara kecamatan lain juga sudah dijadwalkan.***

Leave a Reply