• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Layangkan Permintaan DP4 ke Pemkab

PENAJAM,-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah melayangkan surat permintaan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) kepada Pemkab melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).  “Kami telah melayangkan surat permintaan DP4 kepada Disdukcapil untuk kebutuhan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2013 mendatang,” kata Ketua KPU PPU, Andi Arfin kemarin.

Menurut Andi Arfin penyerahan DP4 tersebut paling lambat disampaikan kepada KPU pada 26 November 2012. Sebelum dilayangkan surat permintaan itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait kesiapan penyusunan DP4 serta batas penyerahannya. Berdasarkan keterangan dari Sekkab PPU, kini pendataan dan penyusunan DP4 sedang dilakukan dan data siap diserahkan pada saatnya nanti, sehingga KPU bisa dengan segara menjadikan DP4 sebagai dasar penyusunan daftar pemilih sementara (DST) dan pemilih tetap (DPT) Pemilukada.

“Para pemilih yang memenuhi syarat harus masuk dalam DP4 hingga DPT, jika tidak maka haknya tidak bisa digunakan ketika melakukan pencoblosan, oleh karena itu, kami minta masyarakat bisa proaktif saat dilakukan pendataan DP4 dan DPS nanti sebelum ditetapkan jadi DPT,”ujarnya.

Menurutnya, DP4 yang nanti diterima oleh KPU diverifikasi menjadi DPS, data tersebut akan dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). ”Kami optimistis semuanya bisa tepat waktu, tapi syaratnya penyerahan data dari Pemkab PPU juga harus lebih awal,” harapnya.

Berdasarkan prediksi pihaknya,  jumlah pemilih Pemilukada per 25 April 2013 mendatang diperkirakan   mencapai 120 ribu lebih penduduk pemilih, jumlah itu  mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2008 silam yang hanya mencapai 104 ribu lebih saja. Pemilih pemilu tahun 2013 itu bukan hanya untuk Pemilukada saja, tetapi juga digunakan bagi pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim.

Peningkatan jumlah pemilih tersebut diindikatorkan karena adanya pertumbuhan penduduk yang juga bertambah para pemilih karena pada saat pelaksanaan usianya telah memenuhi syarat untuk mengikuti pemilu atau kerap disebut pemilih pemula.

“Pertumbuhan penduduk dan bertambahnya jumlah pemilih ikut mendorong meningkatnya jumlah pemilih di PPU lebih tinggi dibandingkan tahun 2008 silam,”terang Andi Arifin.

Sementara itu, selain terjadi peningkatan jumlah pemilih juga terjadi pada penambahan banyaknya Panitia Pemungutan Suara (PPS), dimana tahun 2008 lalu sebanyak 47 PPS, namun tahun ini menjadi 54 TPS dengan jumlah Tempat Pemunggutan Suara (TPS) sejumlah 289. “Untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), tidak ada perubahan masih berjumlah empat PPK sama seperti tahun sebelumnya. Perubahan jumlah PPS itu terjadi karena adanya pemekaran desa di Kabupaten PPU tadinya hanya 19 desa kini menjadi 30 desa, untuk kelurahan tetap sebanyak 24 Kelurahan,”ujarnya.***

Leave a Reply