• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Tujuh Parpol di PPU Tidak Lolos Verifikasi

PENAJAMSebanyak tujuh dari 20 partai politik (parpol) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang telah verifikasi berupa penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan persyaratan lain, terkena imbas verifikasi parpol ditingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat dan dinyatakan gugur di tingkat kabupaten.

Ketujuh parpol yang dinyatakan gugur tersebut yakni Partai Serikat Rakyat Independent (SRI), Partai Karya Republik (Pakar), Partai Buruh, Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Damai Sejahtera (PDS) dan  Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Sementara parpol di PPU yang lolos verifikasi dan akan menjalani verifikasi factual tersisa 13 parpol, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN),  Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB),  lalu,  Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai  Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Persatuan Nasional (PPN).

“Ke 13 parpol yang masih tersisa ini akan diverifikasi faktual. Kemungkinan bisa saja ada pengurangan lagi apabila dari verifikasi faktual nanti, KPU pusat menyatakan ada yang tidak lolos lagi,”ujarnya. Ketua KPU Kabupaten PPU, Andi Arfin.

Verifikasi factual dijadwalkan setelah semua data masing-masing KPU  se-Kaltim yang diterima KPU Provinsi diacak untuk mendapatkan 10 persen dari total KTA yang diserahkan oleh parpol ke setiap daerah. Hasil KTA acakan itu nantinya dijadikan sebagai bahan melakukan verifikasi apakah benar atau tidak KTA itu dimilik oleh yang bersangkutan.

“Kami perkirakan pelaksanaan verifikasi faktual tingkat kabupaten dilakukan paling lambat pada Senin depan setelah ada hasil acakan KPU Provinsi diserahkan kepada daerah masing-masing,” ujarnya.

Guna mempersiapkan verifikasi tersebut, KPU PPU telah membentuk tim verifikasi berjumlah lima tim dengan beranggota lima orang terdiri dari satu orang anggota KPU selaku penangung jawab dan empat orang dari sekretariat KPU sendiri selaku anggota. Setiap tim bakal memverifikasi jumlah parpol berbeda ada yang dua bahkan ada empat dilihat dari banyaknya jumlah KTA yang nantinya diverifikasi.

Tim verifikasi faktual KPU PPU, hanya memberikan nilai berupa Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS), dimana hasil verifikasi berupa Berita Acara Pemeriksaan (BAP) langsung  diserahkan ke Pusat melalui provinsi untuk ditentukan lolos atau tidaknya sejumlah Parpol di PPU sebagai peserta Pileg 2014 kelak.

“Kami targetkan verifikasi tuntas dalam waktu satu minggu,” ujar Andi Arfin.***

Leave a Reply