• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Disdukcapil Lakukan Coklit DP4

PENAJAM,– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tengah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data kependudukan guna menyusun Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati PPU tahun 2013 mendatang.

Menurut Kepala Disdukcapil PPU, Tur Wahyu Sutrisno, Coklit DP4 tersebut diambil dari data kependudukan wajib KTP yang telah melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Untuk itu Disdukcapil telah membentuk tim Coklit yang bertugas menyusunan data tersebut sebelum diserahkan ke KPU.

“Kami optimis sebelum tanggal 26 November  DP4 akan diserahkan ke KPU,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP telah terealisasi sebanyak 95 ribu lebih atau 87 persen, dari 108 lebih penduduk ditargetkan e-KTP oleh pusat. Sisanya sebanyak 13 ribuan penduduk belum melakukan perekaman.

“Kami saat ini melakukan penyisiran ke sejumlah daerah yang warganya belum melakukan perekaman e-KTP,” kata Tur.

Diakuinya, belum lama ini pihaknya telah menerima surat permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap DP4 tersebut, guna dijadikan sebagai bahan menyusun Data Pemilih Sementara (DPS) yang setelah melalui coklit dijadikan sebagai Data Pemilih Tetap (DPT) dalam pelaksanaan Pemilukada tahun 2013 mendatang.

Kendala yang dihadapi pihaknya adalah tingkat kehadiaran masyarakat dalam perekaman e-KTP. Untuk itu, masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk datang ke kantor Desa, Kelurahan dan Kecamatan atau bisa juga datang langung ke Disdukcapil PPU.

Ia membenarkan, perdiksi KPU dalam Pemilukada kelak, jumlah pemilih di PPU dapat mencapai 120 ribu pemilih, hal ini disebabkan adanya perkembangan penduduk serta bertambahnya pemilih di PPU karena usia telah memenuhi syarat serta adanya penduduk pendatang dan telah memiliki KTP PPU.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Andi Arfin, beberapa waktu lalu telah melayangkan surat permintaan DP4 kepada Pemkab PPU dan diserahkan paling lambat pada tanggal 26 November 2012. Data itu nantinya akan dilakukan pemutahiran kembali dan ditetapkan sebagai DPS hingga akhirnya menjadi DPT.***

Leave a Reply