• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Bentuk Tim Verifikasi Faktual

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah membentuk tim verifikasi faktual untuk melakukan verifikasi terhadap seluruh Partai politik (Parpol) yang dinyatakan lolos pada verifikasi  tingkat nasoinal sebagai peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 mendatang.

“Kami telah mempersiapkan pelaksanaan verifikasi faktual salah satunya dengan telah membentuk tim verifikasi terdiri dari lima kelompok kerja (Pokja) dimana masing-masing pokja  berjumlah lima orang terdiri dari satu orang anggota KPU selaku penangung jawab dan empat orang dari sekretariat KPU selaku anggota,” kata Ketua KPU PPU, Andi Arfin.

Tim diberi tugas untuk melakukan verifikasi sejumlah parpol berbeda, ada yang berjumlah dua Parpol,  bahkan mencapai empat parpol,   dilihat dari banyaknya jumlah KTA yang nantinya diverifikasi, setelah dilakukan pengambilan sampel KTA secara acak oleh KPU Provinsi Kaltim,  masing-masing Parpol diambil 10 persen dari jumlah total KTA disampaikan ke KPU PPU.

Dijelaskannya, tim verifikasi faktual KPU PPU, hanya memberikan penilaian Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Hasil  verifikasi ini nantinya dijadikan sebagai Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan  langsung  disampaikan ke Pusat untuk ditindaklanjuti. “Yang bisa menentukan lolos tidaknya Parpol adalah KPU pusat sedangkan kita hanya sebatas memberikan penilaian MS dan TMS saja,”ujarnya.

Untuk diketahui, lanjutnya, tim bekerja setelah pihaknya mendapatkan hasil pengacakan sampel KTA disampaikan oleh provinsi, dan ditargetkan setiap Pokja tuntas melakukan verifikasi pada Selasa mendatang (20/11) sehingga pada Rabu esok harinya (21/11) sudah disampaikan ke Provinsi yang kemudian dilanjutkan KPU Pusat.

Andi Arfin menerangkan, verifikasi faktual ini untuk melihat memenuhi syarat atau tidaknya KTA Parpol dengan data yang ada, keberadaan pengurus dan sekretariatnya serta kelengkapan persyaratan lainnya. Verifikasi dijadwalkan sejak Senin  ini (5/11) hingga waktu yang telah ditargetkan pada Senin depannya.***

Leave a Reply