• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

13 Parpol Se PPU Jalani Verifikasi Faktual

PENAJAM – Sebanyak 13 Partai Politik (Parpol) se-Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kamis (8/11), serentak menjalani proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU. Ke-13 parpol itu adalah parpol yang telah menyerahkan KTA dan administrasi lain ke KPU dan dinyatakan lolos oleh KPU Pusat..

Menurut Ketua KPU PPU, Andi Arfin yang ditemui di sela-sela verifikasi di sekretariat Partai Golkar, mengatakan verifikasi dilakukan oleh kelimpok kerja (Pokja) verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU yang terbagi lima tim kerja. Verifikasi faktual saat ini diarahkan pada keberadaan pengurus inti parpol, seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara, kemudian sekretariat partai, termasuk keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan parpol. Pihaknya menjadwalkan verifikasi tahap awal selesai dalam satu hari berjalan.

Sedangkan untuk verifikasi faktual terhadap  Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol telah dijadwalkan pada esok hari dilakukan secara serentak pula.  Verifikasi  dilakukan langsung kepada kader partai yang namanya tercantum dalam KTA untuk dicocokan dengan KTA  yang telah  disampaikan ke KPU.

“Pemilik KTA kita minta untuk datang ke ke kantor KPU PPU dengan membawa KTA serta KTP aslinya. Jika sesuai maka diberi tanda mememuhi syarat (MS). Sebaliknya apabila tidak cocok maka kita beri tidak memenuhi syarat (TMS). Oleh karena itu kami berharap, agar verifikasi KTA cepat selesai semua, setiap kader yang KTA dijadikan sampel untuk proaktoif datang ke KPU pada jadwal yang telah ditetapkan dan paling lambat harus telah selesai pada 24 November depan,” katanya..

Sementara itu, dalam verifikasi di partai golkar, Ketua KPU berserta tim verifikasi diterima langsung Ketua DPD Golkar tingkat 2 PPU, Andi Harahap, Sekretaris Nanang Ali, Bendahara partai Andi M Yusuf serta pengurus lainya, kegiatan verifikasi tidak berjalan lama hanya memakan waktu lebih kurang 30 menit sejak jam 8.00 wita hingga 09.30 Wita, pasalnya semua berkas telah disiapkan oleh pengurus Golkar.

Ditempat sama Ketua Harian DPD Golkar PPU, Jumari BA, menuturkan, pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan KPU berjalan lancar, dan diharapkan kondisi ini juga berjalan saat dilakukan verifikasi terhadap KTA kader.***

Leave a Reply