• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Verifikasi Faktual Parpol oleh KPU PPU Capai 85 Persen

PENAJAM,– Verifikasi faktual terhadap 13 Partai Politik yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), hingga kini telah berjalan mencapai 85 persen.

Menurut Ketua KPU PPU Andi Arfin, verifikasi faktual terhadap 13 Parpol di PPU untuk verifikasi kepengurusan inti, seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara Partai serta verifikasi sekretariat Parpol telah selesai dilakukan beberapa waktu lalu, dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual sampel Kartu Tanda Anggota (KTA) berjumlah 10 persen dari jumlah total KTA yang disampaikan ke KPU, kini sedang berjalan dan tinggal sebagian kecil belum terverikasi.

“Jumlah KTA sampel yang belum diverifikasi hanya sebagai kecil saja. Sebetulnya jika seluruh pemilik KTA ketika ditemui berada ditempatnya, mungkin saat ini sudah tuntas, tetapi karena ada sejumlah pemiliknya melakukan perjalan, maka tidak berhasil menemuinya sehingga kita minta mereka untuk datang ke kantor KPU dan ditunggu hingga Sabtu (24/11), apabila tidak datang maka kita nilai tidak memenuhi syarat (TMS),”ujarnya.

Andi Arfin membeberkan, dari 13 Parpol tersebut, terbanyak KTA yang harus diverifikasi faktual berasal dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebanyak 104 KTA atau 10 persen dari 1.042 KTA yang disampaikan kepada KPU PPU dan kini tim verifikasi baru memverifikasi sebanyak 50-an lebih KTA. Jumlah total  yang diverifikasi faktual mencapai 435 KTA.

Dijelaskannya, jika mengacu Keputusan KPU pusat Nomor 156/Kpts/KPU/Tahun 2012 tentang Tentang Data Wilayah Administrasi Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Jumlah Penduduk Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk Keperluan Persyaratan Partai Politik menjadi Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD Tahun 2014, untuk melakukan verifikasi faktual KTA Parpol, jumlah penduduk PPU telah ditetapkan sebanyak 155.547 jiwa  dan minimal jumlah KTA diserahkan harus mencapai seperseribu dari jumlah penduduk itu  atau  minimal 156 KTA, maka jika sampel yang diambil 10 persen saja, didapat KTA yang wajib  diverifikasi faktual harusnya sebanyak 16 KTA saja.

“Kami tetap mengikuti petunjuk dari KPU provinsi Kaltim, dan melakukan verifikasi faktual dari sampel KTA yang telah ditetapkan 10 persen dari total KTA yang disampaikan Parpol,” ujar Andi Arfin.***

Leave a Reply