• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Belajar Pengolahan DP4 ke Sukabumi

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) study banding ke KPU Sukabumi  Provinsi Jawa Barat, untuk menambah wawasan terkait pengolahan Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk kebutuhan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) PPu tahun 2013 mendatang.

Menurut Ketua KPU PPU, Andi Arfin, kunjungan ke Kabupaten Sukabumi tersebut merupakan salah satu kegiatan KPU guna menambahan wawasan bagaimana tatacara dan teknis pengolahan DP4 yang menggunakan data dari e-KTP.

“Sukabumi merupakan Kabupaten pertama kali yang menggunakan DP4 yang sumber datanya berasal dari e-KTP sementara PPU baru saja memulainya ditahun 2012 ini, selain itu kabupaten tersebut pada bulan Ferbruari 2013 mendatang juga melaksanakan Pemilukada,” ujarnya.

Selain terkait DP4, pihaknya juga mendapatkan pengetahuan dalam teknis menanggapi jika dalam masa perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) terdapat sanggahan dari tim sukses salah satu pasangan calon. Dimana KPU Sukabumi mempersilahkan tim sukses melakukan verifikasi lapangan sendiri guna memperkuat sanggahan terhadap DPS itu, khususnya jika terdapat nama pemilih yang tidak masuk DPS atau penduduk bukan pemilih seperti TNI-Polri masuk dalam DPS.

“Terkait cara verifikasi tim sukses di lapangan terhadap DPS itu, kami masih pelajari dan teliti lebih dahulu, apakah bisa diterapkan di PPU atau kebijakan itu tidak melanggar aturan yang ada,” katanya.

Ditambahkannya, pengolahan data DP4 setelah diterima dari Pemkab, lanjutnya, memang tidak begitu saja diterima , dan harus dilakukan verifikasi kembali guna dimutahirkan sebelum ditetapkan menjadi DPS. Koordinasi juga tetap akan dilakukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) PPU, jika terdapat penduduk yang berhak memilih namun belum memiliki nomor induk kependudukan atau warga berhak dan telah memiliki KTP PPU tetapi tidak termasuk dalam DP4.

Ia menuturkan, setelah DP4 selesai diolah dibagikan data perwilayah, Kecamatan, Desa dan Kelurahan, selanjutnya DP4 itu didistribusikan ke setiap PPK dan PPS untuk selanjutnya dilakukan verifikasi factual. Untuk verifkasi factual lapangan, PPS nantinya akan membentuk Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) perdesa yang bertugas melakukan verifikasi langsung kemasyarakat. “Kami berharap pengolahan DP4, penetapan DPS hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada PPU nanti berjalan lancar.  Dukungan  masyarakat  juga sangat diharapkan, sehingga masyarakat PPU yang punya hak pilih terakomodir dalam DPT itu,” ujar Andi Arfin.***

Leave a Reply