• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Akhirnya 3 Balon Bupati-Wabup Perseorangan Daftar ke KPU

 PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID — Akhirnya tiga pasangan Bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) resmi mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU di hari terakhir masa pendaftaran dan penyerahan dokumen dukungan bakal calon  pasangan Senin (10/12).

Ketiga pasangan Balon perseorangan tersebut adalah pasangan Drs Imam Raharjdo – Isman (IJO), disusul pasangan H Hairil – H Husein dan terakhir H Muhammad Hariyansyah Adrian – Drs Sarjono, MSi.  Disamping membawa ribuan fotocopy KTP dukungan, setiap pasangan Balon tampak didampingi tim sukses dan beberapa pendukungnya.

Saat menyerahkan dukungan, Balon bupati, Imam Rahardjo kepada Ketua KPU PPU, Andi Arfin yang didamping komisioner KPU, mengungkapkan, jumlah dukungan yang diserahkan total berjumlah 11.700 dukuangan yang dibuktikan dengan fotocopy KTP setiap masyarakat pendukung dan berasal dari desa dan kelurahan di empat wilayah Kecamatan.

”Dukungan kami mencapai 11.700 dukungan dan siap untuk dilakukan pengecekan bersama KPU pada hari ini juga,”ujar Imam.

Sementara itu, Balon bupati,  H Hairil saat menyerahkan dukungan mengatakan, memiliki jumlah dukungan sebanyak 11.544 dukungan berasal dari empat kecamatan desa dan kelurahan. “Kami telah memiliki 11.544 dukungan berupa fotocopy KTP warga pendukung,”tandas Hairil.

Balon bupati  H Muhammad Hariyansyah Adrian  didampingi Balob Wabup,  Drs Sarjono, MSi dihadapan ketua KPU, Andi Arfin dan komisioner KPU lainnya seperti  M Nasir pejabat  Devisi Logistik KPU, Devisi Hukum yang juga Pokja pencalonan M Hatta serta anggota KPU lainnya, mengungkapkan, dukungan yang diserahkan pihaknya total berjumlah 15.400 dukungan.

“Dukungan yang kami serahkan total mencapai 15.400 dukungan berupa fotocopy dan data yang diserahkan berupa satu fotocopy satu asli data elektronik yang disimpan dalam compact disc (CD), sebagaimana disyaratkan KPU,”terangnya.

Ketua KPU PPU, Andi Arfin saat menerima tiga pasangan balon tersebut menjelaskan, jumlah minimal dukungan yang harus di serahkan sesuai dengan surat keputusan KPU Nomor :  30/Kpts/ KPU – PPU/6409.07/2012  sejumlah 11.318 dukungan. Jumlah dukungan tersebut diambil dari total jumlah penduduk PPU yang disampaikan oleh Pemkab PPU sebanyak 174.120 jiwa dikalikan 6,5 persen sehingga hasilnya sebanyak 11.318 dukungan tersebar di 50 persen kecamatan yang ada hal ini sesuai dengan UU 12/2008.

“Semua dukungan yang hari ini kami terima langsung dicek satu persatu bersama pasangan balon, sebelum diserahkan ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual. Oleh karena itu, kami minta setiap pasangan untuk tetap berada di KPU hingga pengecekan dan penghitungan jumlah dukungan selesai,”pintanya.

Untuk diketahui, lanjutnya, sesuai dengan tahapan jadwal pelaksanaan Pemilukada PPU, setelah KPU  melakukan pengecekan dan penghitungan dukumen dukungan bersama pasangan balon, maka  sejak Selasa (11/12/2012) hingga 15 Desember 2012 KPU kembali melakukan seleksi administrasi dokumen dukungan tersebut, kemudian hasil seleksi dokumen diserahkan kepada PPS untuk dilakukan verifikasi faktual dimulai  pada 17 – 30 Desember 2012.

Ia menambahkan, masa perbaikan dilakukan setelah pelaksanaan pendaftaran pasangan calon baik dari Parpol maupun perseorangan. Jika dalam masa perbaikan dukungan tersebut terdapat kekurangan jumlah, maka calon perseorangan harus memperbaiki dukungan sebanyak dua kali lipat.***

Leave a Reply