• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Tetapkan 3 Parpol Tak Penuhi Syarat

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB,GO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menetapkan sebanyak tiga Partai politik (Parpol), tidak memenuhi syarat (TMS) setelah dilaksanakan verifikasi faktual terhadap Parpol calon peserta pemilu legislatif (Pileg) tahun 2014.
Ketua KPU PPU Andi Arfin usai memimpin rapat pleno terbuka yang dihadiri para para pimpinan parpol di PPU, Kamis (20/12) menjelaskan, hasil verifikasi faktual yang dipleno terbuka ini merupakan hasil verifikasi terhadap 15 Parpol tahap pertama. Sedangkan tiga yang dinyatakan TMS oleh KPU yakni, Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Persatuan Nasional (PPN) dan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB). Sehingga Parpol yang memenuhi syarat (MS) hanya terdapat 12 Parpol.
“PDP dan PPN dinyatakan TMS karena telah mengirimkan surat kepada KPU PPU yang intinya tidak bersedia diverifikasi faktual dengan alasan pengurus pusat dan provinsi tidak pernah mengkoordinasikan perihal verifikasi tersebut. Sementara PKBIB dinyatakan TMS disebabkan alamat sekretariatnya dalam dokumen yang diserahkan ke kami, yakni beralamat di Desa Babulu Kecamatan Penajam tidak ditemukan dan itu juga dikuatkan oleh surat pernyataan Kades Babulu,” ujar Andi Arfin.
Sementara itu, 12 Parpol yang MS yakni, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadailan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian, Partai Gerekan Indonesia Raya (Garinda), Partai Golkar, Partai Amant Nasional (PAN).
Menurutnya, setelah hasil rapat pleno di sepakati, maka jadwal selanjutnya KPU PPU akan menyampaikan hasilnya kepada KPU Provinsi Kaltim guna diverifikasi faktual kembali dan hasil akhirnya disampaikan ke KPU Pusat untuk pleno dan ditetapkan sebagai Parpol peserta Pileg tahun 2014.
Terkait dengan pelaksanaan verifikasi tahap kedua terhadap 13 Parpol hasil keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), saat ini sedang dalam tahapan perbaikan dimana terdapat empat Parpol yang melaksanakan tahapan ini yaitu, Partai Buruh, Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) lalu Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI).
Untuk Parpol yang telah rampung di verifikasi, antara lain, Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB). Selain itu terdapat lima Parpol yang telah membuat surat pernyataan tidak bersedia di verifikasi faktual yaitu, Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Nasional Indonesia Marhenisme (PNI-M), Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).
“Hingga berakhir verifikasi faktual tahap pertama, kami belum menemukan kendala. Semuanya berjalan lancar. Untuk pleno terbuka bagi Parpol tahap kedua kami laksanakan pada 29 Januari 2013 mendatang,” ujarnya.***

Leave a Reply