• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Desk Pemilukada Pantau Tahapan Pemilukada

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Desk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Penajam Paser Utara  (PPU) memantau seluruh tahapan Pemilukada yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU.

“Kita memantau seluruh tahapan pemilukada baik sejak dimulainya tahapan hingga berakhirnya penyelenggaraan Pemilukada di PPU,”  kata Ketua Desk Pemilukada PPU, Yahya.

Yahya yang juga menjabat Kepala Kesbangpol PPU menjelaskan, Desk Pemilukada merupakan salah satu instrument pemerintah yang didalamya terdapat sejumlah unsur baik dari pemkab, TNI, Polri dan Kejaksaan yang mempunyai fungsi dan tujuan membantu KPU antara lain dalam kegiatan sosialisasi, memfasilitasi, mengantisipasi dan mengeliminir masalah di lapangan yang mungkin timbul, menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi, dan monitoring pelaksaan pemilu, memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan dan melaporkan kepada bupati, gubernur, dan Mendagri.

“Kami dituntut netral tidak mendukung salah satu pasangan calon, dimana setiap unsur yang terlibat didalamnya melakukan kegiatan sesuai fungsinya   serta tetap dapat menjaga netralitas, bekerja secara profesional dan proporsional ,”ujarnya.

Diterangkannya, pembentukan Desk Pemilukada didasarkan pada Permendagri Nomor 9 tahun 2005,  sedangkan Desk Pemilukada dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati PPU. dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan, Desk Pemilukada harus selalu melakukan koordinasi dengan KPU serta Panwaslu PPU.

Untuk diketahui, lanjutnya, sekretariat  Desk Pemilukada PPU berada di kantor Kesbangpol dimana sejak dibentuk telah aktif melaksanakan fungsi tugasnya, termasuk memberikan laporan setiap hari ke Provinsi Kaltim dan akan semakin aktif ketika dilaksanakan kampanye hingga pencoblosan kelak.***

Leave a Reply