• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Tiga Pasangan Balon Laksanakan Pendaftaran Pemilukada

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Hari terakhir pendaftaran bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU), Senin (21/1) sebanyak tiga pasangan balon, yakni Sandra Puspa Dewi – Harimuddin Rasyid, M Hariansyah Adrian – Suharjdono, dan Yusran Aspar – Mustagim melaksanakan pendaftaran untuk maju Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) PPU 2013. Masing-masing diterima Ketua KPU PPU, Andi Arfin dan anggota KPU dalam waktu berbeda.

Pada kesempatan pertama, pasangan Sandar Puspa Dewi (SPD)  – Harimuddin Rasyid (Udin)  yang diusung partai politik PBB, PNI Marhenis, Garinda dan Demokrat,  melakukan pendaftaran sekitar jam 14.00 Wita, disusul pasangan balon dari jalur perseorangan M Hariansyah Ardian – Suhardjono sekitar pukul 15. 00 wita, dan terakhir pasangan balon Yusran Aspar – Mustaqim pada pukul 16. 00 wita, pasangan ini diusung parpol dari PDI Perjuangan, Hanura, PDK dan PAN.

Balon bupati, SPD ketika memberikan sambutannya mengatakan, diri bersama Harimuddin Rasyid maju untuk membawa perubahan PPU untuk lebih baik dan membangun kabupaten ini agar Bersinar menuju Gerbang Ratu dengan program membangun desa membenahi kota kabupaten.

“Kami maju untuk membawa perubahan sehingga PPU menjadi lebih baik dari sekarang,”ujarnya, disambut riuh pendukungnya.

Terpisah pada kesempatan kedua pendaftaran, balon Bupati PPU, M Hariansyah Ardian, menuturkan, mendaftarkan diri sebagai pasangan balon jalur  independen, mudah – mudahan dapat ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pemilukada kelak.

Dirinya berjanji akan segera memenuhi jumlah kekurangan dukungan, dimana pihaknya memiliki terendah setelah dilakukan verifikasi faktual oleh KPU,  Harapannya, semoga kesempatan kedua nanti dapat dihadiri kekurangan dukungan itu. “Terkait dengan adanya  potensi pidana kami siap menerima segala resikonya.  Kami juga berharap diberi masukan,” katanya.

Sementara itu, ketika pendaftaran sesi terakhir atau ketiga pasangan balon wakil bupati, Mustaqim dalam sambutanya dihadapan anggota KPU serta pendukung dan undangan lainnya mengatakan, tujuan dirnya serta balon bupati Yusran Aspar beserta seluruh pendukung dari PDI Perjuangan, Hanura, PAN dan PDK ke KPU adalah  dalam rangka memenuhi amat UU tentang Pemerintah daerah dan menjalankan kepercayaan dan amanah masyarakat yang berkeinginan pasangan ini maju dalam Pemilukada.

“Kami tidak meminta jabatan tapi kami hanya menjalankan ibadah dan amanah yang diberikan oleh masyarakat, dimana dalam era partisipasi bukan pengkondisikan, insyaallah  Allah SWT memberikan rahmat kepada kami untuk memimpin PPU lima tahun kedepan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Andi Arfin mengatakan, pasangan yang telah resmi mendaftar total berjumlah enam pasangan, dimana tiga pasangan dari jalur perseorangan dan tiga dari pasangan yang diusung gabungan Parpol, dari semua Parpol yang kini hanya tinggal satu parpol yang belum menentukan sikap untuk bergabung yakni Partai Patriot (PP).

“Pasangan ini belum menjadi calon namun baru balon, dan setelah  melalui masa perbaikan dan dinyatakan lolos  maka pasangan resmi  ditetapkan sebagai pasangan calon. Sejumlah kekurangan yang ada nantinya akan disampaikan ke masing-masing pasangan oleh KPU secara tertulis dan perbaikan dilakukan sejak 22 hingga 28 Januari nanti,”terangnya.

Berdasarkan hasil sementara pemeriksaan tim, bebernya, untuk pasangan SPD – Udin, masih kekurangan dukungan Parpol dimana dalam surat rekomendasi Partai Demokrat dinyatakan belum sah, karena hanya ditandatangani oleh sekretaris DPC Demokrat saja, sedangkan Partai Garinda hanya di tanda tangani oleh Ketua DPC-nya saja sementara sekretarisnya belum.

“Untuk pasangan balon jalur perseorangan, M Hariansyah Adrian – Suhardjono, juga terdapat kekurangan salah satunya terkait dengan jumlah dukungan yang masih kurang dan tidak mencukupi jumlah minimal dukungan penetapan KPU sejumlah 11.318 dukungan, sedangkan pasangan Yusran Aspar – Mustaqim MZ dinilai cukup atau lengkap,”ujarnya.***

Leave a Reply