• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Punya Kursi, PP dan Demokrat Tidak Usung Balon

PENAJAM – Partai Patriot (PP) dan Partai Demokrat (PD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), tidak menentukan sikapnya dalam usung mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati di pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2013 ini.

“Kedua Parpol sama sekali tidak masuk dalam daftar parpol pengusung salah satu balon bupati dan wakil bupati di Pemilukada tahun 2013, padahal kedua parpol masing-masing memiliki dua kursi di DPRD PPU,”ucap Ketua KPU PPU, Andi Arfin, Rabu (23/1).

Kendati belakang diantara kedua Parpol tersebut kini telah menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan balon, namun karena waktu pendaftaran telah lewat dan nama Parpol tidak ada di dalam  formulir daftar Parpol pengusung atau pendukung. KPU hanya mengakui nama Parpol yang ada di dalam formulir pernyataan itu saja dan tertera tandatangan ketua dan sekretaris Partainya.

“Kami hanya memverifikasi Parpol yang nama parpolnya masuk dalam formulir pernyataan mengusung yang diserahkan pasangan calon kepada KPU, hal itu sesuai dengan aturan berlaku dan mekanisme yang ada,” kata Andi Arfin.

Formulir pernyataan mengusung dan dukungan Parpol bagi  pasangan balon yang diterima KPU PPU yakni, untuk pasangan AMAN diusung oleh tiga Parpol yakni Partai Golkar, PKS dan PPP sedangkan PKB sebagai Parpol pendukung, untuk pasangan SPDU diusung oleh Parpol PBB, Garinda dan PNI Marhaenisme, sedangkan pasangan balon Yusran Aspar – Mustaqim MZ diusung oleh empat Parpol yakni, PDI Perjuangan, Partai Hanura, PAN dan PDK. Sementara PP dan Demokrat sama sekali tidak terdapat dalam salah satu formulir pengusung salah satu pasangan balon.

“Memang dalam formulir pernyataan Parpol pengusung milik SPDU terdapat daftar Partai Demokrat, namun kami nyatakan tidak sah karena hanya ditandatangi oleh sekretarisnya saja sedangkan Ketua DPC Demokrat PPU sama sekali tidak membubuhkan tandatangannya,” kata Andi Arfin.

Terkait dengan pelaksanaan verifikasi faktual seluruh berkas atau formulir yang diserahkan oleh pasangan balon, lanjutnya, saat ini masih dalam proses pemeriksaan kelompok kerja (Pokja) tim pemeriksa KPU yang berjumlah lima tim dan ditargetkan selesai pada Senin depan (28/1). Setelah melalui proses pemeriksaan, maka hasilnya akan disampaikan kepada masing-maisng calon jika terdaftar kekurangan untuk dilakukan perbaikan dimana masa perbaikan dilaksanakan Selasa depan (29/1) hingga Senin mendatangan (11/2).

“Hasil pemeriksaaan setelah dilakukan perbaikan oleh masing-masing bakal calon secara resmi kita umumkan kepada masyarakat pada 9 hingga 10 Maret 2013 dan pada esok harinya 11 Maret bertempatan dengan HUT PPU ke 11 tahun kita lakukan penetapan dan penentuan nomor urut pasangan calon yang dilanjutkan pengumuman secara luas nama dan nomor urut pasangan calon telah ditetapkan pada 12 hingga 14 Maret 2013 mendatang,” ujar Andi Arfin.***

Leave a Reply