• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Suhu Politik PPU Makin Memanas

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Suhu politik di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), semakin memanas setelah semua pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) baik yang diusung Partai politik (Parpol) atau gabungan Parpol serta balon dari jalur perseorangan resmi mendaftarkan pencalonannya ke  Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten PPU.

Menurut pengamat politik PPU, Agus Pamuji, dengan munculnya enam pasangan balon dan telah resmi mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Pemilukada, menambah panasnya suhu politik di PPU, dimana selama beberapa bulan lalu sebelum resmi KPU membuka pendaftaran, kesannya suasana politik masih  belum terlalu panas, namun setelah munculnya sejumlah nama dan dipublikasikan melalui media massa maka sudah terasa panasnya.

“Suhu politik di PPU kain hari makin memanas, dan tidak dipungkiri dikarekannya telah munculnya enam pasangan balon yang dengan terang-terangan mendaftarkan diri, dimana awalnya baru pasangan balon yakni pasangan Andi Harahap – Sutimam (AMAN) jauh-jauh haru telah menyatakan maju, sementara lainnya masih simpang siur,” ujarnya.

Ditambahkannya, semua balon mempunyai potensi sendiri – sendiri  untuk bisa menjadi orang nomor satu dan dua di PPU, namun kini tinggal bagaimana masyarakat menilainya, karena yang menentukan adalah rakyat di PPU sendiri dan itu merupakan seleksi public yang tidak bisa dihindari.

Menurut Agus,  Pemilukada di PPU saat ini merupakan pertarungan politik yang fenomenal dan mungkin hanya terjadi di PPU saja di Provinsi Kaltim  dan merupakan sejarah langka, pasalnya calon yang bakal maju nanti merupakan calon yang sudah kali ketiga bertarung dalam kancah Pemilukada di PPU, yakni pasangan Andi Harahap dan pasangan Yusran Aspar, dimana sejak Pemilu tahun 2004, 2008 hingga ditahun 2013 bertemu kembali pada suasana Pemilukada di PPU.

“Tentu kedua pasangan ini mempunyai startegi-startegi andalan agar bisa menang dalam Pemilukada kali ini, tetapi walaupun kedua figur Andi Harahap dan Yusran Aspar sudah tiga kali bersaing dalam Pemilukada, pasangan Sandra Puspa Dewi  – Harimuddin Rasyid (SPDU) tidak bisa dianggap enteng karena masyarakat juga sudah pada mengenalnya, karena SPD selain pernah menjadi anggota DPRD PPU juga merupakan istri mantan wakil Bupati PPU, Ikwan Datu Adam sedangkan pasangannya merupakan tokoh pemekaran kabupaten bisa jadi kuda hitam,”tukasnya.

Terkait dengan pasangan balon jalur perseorangan, terang Agus, merupakan sejarah baru bagi masyarakat PPU, karena baru pertama kali dalam Pemilukada ada calon dari jalur ini, bahkan jumlahnya hingga tiga pasangan. Hal itu menunjukan, jika proses politik masyarakat PPU mengalami kemajuan dan kedesaan lebih baik dan merupakan dinamikan politik positif.

Dirinya berharap, seluruh pasangan balon yang nantinya ditetapkan sebagai pasangan calon dapat mengkedepankan etika moral, saling menghargai serta menghormati pasangan lainnya termasuk masyarakat pendukung, tetap menjaga kebersamaan dan persatuan sehingga kondusifitas di PPU tetap terjaga.  “Saya juga berharap KPU, Panwaslu serta penyelenggaran pemilu lainnya betul – betul menjalankan fungsi tugasnya sesuai dengan aturan main dan mekanisme yang telah digariskan dalam UU dan peraturan lainnya, jangan ada aturan kebijaksanaan dengan tujuan menguntungkan pihak  manapun juga,”pinta Agus Pamuji.

Untuk diketahui,sejak pendaftaran pasangan Balon bupati dan wakil bupati, di buka oleh KPU PPU, terdapat enam pasangan yang resmi mendaftarkan diri, dimana tiga dari jalur perseorangan yakni pasangan balon Drs. Imam Rahardjo – Isman,  pasangan balon H. Hairil Wahyuni, S.Sos – H. Husein, SE  dan pasangan balon Muhammad Herriyansyah Andrian –H. Suhardjono, lalu tiga dari parpol atau gabungan parpol yakni pasangan balon,  H Andi Harahap, S.Sos  – Drs H  Sutiman MM (AMAN) , lalu pasangan  Hj Sandra Puspa Dewi   –  H Harimuddin Rasyid (SPDU) dan terakhir pasangan balon Drs H Yusran Aspar M.Si – Drs H Mustaqim MZ MM. ***

Leave a Reply