• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Tim Pemeriksa KPU Selusuri 55 Ijazah Balon

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID

Tim pemeriksa Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini menyelusuri sekolah yang mengeluarkan 55 ijazah para balon, untuk mengetahui keabsahan ijazah pendidikan seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati sebagai syarat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Tim pemeriksa sudah berangkat ke kota  Banjarmasin, Sulawesi,  Sumatra hingga provinsi Jawa tengah, karena beberapa balon ada yang merupakan lulusan sekolah di sejumlah provinsi tersebut, sehingga tim harus mendatangi serta mengkonfirmasikan keabsahan ijazah itu,” Ketua KPU PPU, Andi Arfin.

Dikatakannya, jumlah ijazah yang harus diperiksan total berjumlah 55 ijazah milik enam pasangan balon bupati dan wakil bupati, pemeriksaan itu sangat penting dilakukan hingga mendatangi asal sekolahnya, sebagai syarat agar para balon maju sebagai paserta Pemilukada yang digelar 25 April 2013 mendatang.

Andi Arfin membeberkan, ijazah milik para balon bupati dan balon wakil bupati tersebut baik merupakan ijazah dari sekolah tingkatan SD hingga pendidikan terakhir. Pemeriksaan dilaksanakan sejak Selasa kemarin hingga Senin depan (22 -28/1).

“Kami juga sudah menyampaikan surat kepada para pasangan balon untuk melengkapi kekurangan berkas bagi balon yang dinyatakan belum lengkap berkasnya,  diantaranya rekening dana pemilu, laporan harta kekayaan calon, nama – nama tim kampanye dan tim sukses serta surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dimana total sebanyak 28 item,”tukasnya.

Ia menambahkan, bagi para balon perseorangan yang semua dinyatakan  kurang dukungannya, harus segera melengkapinya hingga batas akhir perbaikan yakni pada Senin bulan depan (11/2), jika tidak bisa memenuhi sesuai keputusan KPU, maka pihaknya menyatakan pasangan itu gugur tidak bisa melanjutkan tahapan Pemilukada selanjutnya.

Bagi yang mampu melengkapi kekurangan dukungan tersebut, lanjutnya, maka KPU melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) kembali melakukan verifikasi faktual lapangan ditingkat desa, kelurahan hingga RT, apabila dinyatakan  memenuhi syarat, para balon jalur perseorangan melanjutkan pemeriksaan kesehatan di RS Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan yang telah direkomendasikan IDI PPU.

“Kami berharap para balon perseorangan bisa segera menyerahkan kekurangan dukungannya, sehingga PPS dapat langsung melaksanakan verifikasi faktual,”katanya.***

Leave a Reply