• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Verifikasi Ijazah Tuntas, Tidak Ditemukan Indikasi “Aspal”

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Pelaksanaan verifikasi faktual atau pemeriksaan ijazah sekolah  enam pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2013 ini telah dituntaskan, dan tidak ditemukan adanya indikasi ijazah “aspal” (asli tapi palsu).

“Semua  ijazah pendidikan enam pasangan balon total berjumlah 55 ijazah dari tingkat SD hingga pendidikan terakhir, telah selesai kami verifikasi faktual atau teliti dan periksa, bahkan tim pemeriksan yang terdiri dari lima pokja juga sudah berada di PPU setelah melakukan pemeriksaan ke sejumlah sekolah asal balon yang berada di pulan Jawa, Sulawesi dan Kota Banjarmasin,” Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Andi Arfin, Senin (28/1).

Hasil pemeriksaan KPU kesejumlah asal para balon, tidak ada satupun ditemukan ada indikasi ijazah palsu, semua sekolah yang didatangi juga telah mengakui memang benar para balon merupakan lulusan sekolah tersebut. termasuk pengakuan sekolah asal balon yang telah berubah nama seperti dari Sekolah Rakyat (SR) menjadi Sekolah Dasar (SD).

Untuk verifikasi faktual khususnya ijazah sekolah,  dinilai tidak ada masalah semua balon memenuhi syarat, namun demikian masih ada beberapa formulir yang perlu dilakukan perbaikan sejumlah pasangan balon termasuk juga jumlah dukungan bagi tiga balon dari jalur perseorangan dimana dari keputusan pleno terbuka KPU masih harus dipenuhi.

“Perbaikan formulir serta penambahan kekurangan jumlah dukungan kita tunggu hingga Senin 11 Februari 2013 depan, lewat dari itu juga tidak ada perbaikan, maka KPU akan mengugurkan pasangan tersebut,”ujarnya.

Andi Arfin menjelaskan, khususnya untuk perbaikan jumlah dukungan,  setelah diterima KPU maka pada esok harinya, Selasa (12/2), KPU melalui Panitai Pemungutan Suara (PPS) kembali melakukan verifikasi faktual hingga 25 Februari 2013. Hingga saat ini belum ada satupun dari tiga pasangan balon perseorangan yang melakukan perbaikan jumlah dukungan termasuk perbaikan sejumlah formulir dinyatakan kurang.

Selain melakukan sejumlah item formulir termasuk ijazah para balon, pihaknya juga telah menjadwalkan untuk melakukan croscek bagi sejumlah partai politik (Parpol) pengusung pasangan balon, keabsahan dan legalitas surat dari Parpol terkait usung mengusung pasangan balon tersebut, hal itu dilakukan  sebagai tindakan antisipasi jika dibelakang hari terdapat pembatalan surat pernyataan dari Parpol.

“Kami melakukan pengecekan langsung ke pengurus Parpol ditingkat Kabupaten, Provinsi bahkan ke pengurus pusatnya, termasuk juga meneliti anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Parpol, apakah dukungan dan usungan kepada balon sudah sesuai atau tidak. Jika terdapat kejanggalan maka harus ada keputusan yang sah dari Parpol,”ucapnya.

Setelah semua persyaratan selesai diverifikasi maka sesuai jadwal yang telah ditetapkan, maka langkah selanjutnya KPU menetapkan penetapan pasangan calon termasuk nomor urutannya yang dilaksanakan pada 11 Maret 2013 ini.***

Sumber Foto: Balikpapanpos.co.id

Leave a Reply