Hasil Verifikasi Lengkap “Balon” Diumumkan 9 Maret

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjadwalkan selama dua hari yakni 9 hingga 10 Maret 2013 untuk  mengumumkan hasil penelitian dan verifikasi faktual seluruh berkas milik para  pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang memenuhi syarat dalam pelaksanaan  Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 2013.

“Kami telah menjadwalkan pada 9 hingga 10 Maret mendatang, untuk  mengumumkan hasil pemeriksaan atau penelitian seluruh berkas persyaratan pasangan balon yang memenuhi syarat secara luas kepada masyarakat,” ujar Ketua KPU PPU, Andi Arfin, ketika ditemui di ruang kerjanya.

Berkas yang diumumkan tersebut menurut Andi Arfin, juga termasuk hasil penelitian ijazah para pasangan balon yang telah diperiksan dan ditelusuri oleh lima Pokja tim pemeriksa KPU PPU yang telah bertugas selama tujuh hari sejak Selasa (22/1) hingga Senin (28/1).

Dijelaskannya, dari 55 lembar ijazah enam pasangan balon dinyatakan telah memenuhi syarat dan tidak ditemukan indikasi ijazah palsu, semua berkas langsung diteliti pada sekolah asal yang menerbitkan ijazah, dimana setiap pasangan balon pernah menjalani pendidikannya.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan bagi para balon pada 26 Februari hingga  3 Maret 2013 depan, yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan dimana telah direkomendasikan oleh IDI PPU kepada KPU.

Selain mengumumkan tentang ijazah, lanjutnya, KPU juga membeberkan hasil pemeriksan pada berkas lainnya, antara lain, formulir pernyataan sikap tidak memberikan dukungan kepada pasangan balon lain, nomor rekening pemilu balon, laporan harta kekayaan calon, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKC), hasil verifikasi faktual ulang  dukungan perbaikan  dari balon calon perseorangan yang memenuhi syarat, termasuk juga mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan balon.

“Para balon yang dinyatakan memenuhi syarat, kami tetapkan menjadi pasangan calon sekilagus dilakukan penetuan nomor urut pasangan calon yang kita gelar pada 11 Maret 2013 atau bertepatan dengan HUT Kabupaten PPU ke-11 tahun,”kata Andi Arfin.  ***

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Categories

Switch to our mobile site