• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

DPS Berjumlah 116.743 Pemilih, Warga Agar Proaktif

PENAJAM – Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tahun 2013 mencapai 116.743 pemilih,  tersebar di 54 desa dan kelurahan pada empat kecamatan s-PPU.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Drs Andi Arfin M.Si, mengatakan setelah Panitia Pemungutan Suara melalui Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) bentukannya, melakukan pemutahiran data pemilih yang data dan telah diubah dari Daftar Pemilih Penduduk Potensial (DP4) dari Pemerintah, maka selanjutnya hasil pemutahiran ditetapkan menjadi DPS oleh PPS.

KPU menghimbau, agar masyarakat bisa lebih proaktif untuk melakukan pengecekan pengumuman DPS di kantor desa dan kelurahan tempatnya berdomisili. Jika namannya tidak termuat dalam DPS tersebut, disarankan melapor  ke PPS , PPDP atau bisa memberitahukan kepada  aparat desa dan kelurahan dengan membawa dokumenh  identitas diri yang berlaku dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), termasuk juga bagi warga yang belum memiliki NIK pada identitasnya agar bisa mendapatkan NIK.

DPS tersebut sudah diumumkan secara terbuka oleh PPS  disetiap desa dan Kelurahan di wilayah  tugas setiap PPS. Pengumuman dilakukan sejak Sabtu lalu (26/1) hingga Jumat 15 Februari 2013 depan.

“Kami berharap agar bisa proaktif melapor jika belum masuk DPS agar bisa dimasukan ke data  pemilihan tambahan. Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai jadwal ditetapkan pada  10 – 11 Maret 2013 mendatang. Pemutahiran data pemilih bagi  penduduk PPU yang kini berada di luar daerah, tidak luput kami data dan masukan dalam DPS maupun DPT kelak, asalkan proaktif.  Kami  juga berharap partisipasinya dalam pencoblosan nanti,”harapnya.

Untuk diketahui, jelas Andi Arfin, setelah pemutahiran data pemilih hingga ditetapkan menjadi DPS tersebut, tidak terjadi perubahan data dari DP4 yang diserahkan Pemkab kepada KPU dimana data penduduk wajib KTP di  Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) total berjumlah  116.743 jiwa dari total jumlah penduduk PPU sebanyak 174.120 jiwa.***

Leave a Reply