• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Dua Balon Perseorangan Gugur, Imam Rahardjo – Isman Lolos

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akhirnya menyatakan, dua pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati dalam Pemilukada PPU yakni, pasangan balon  H Muhammad Hariansyah Adrian  – Drs Suharjdono Ms serta pasangan H. Hairil Wahyuni, S.Sos – H. Husein, SE dinyatakan gugur, karena jumlah  dukungan perbaikan tidak mencapai yang disyaratkat.

Ketua KPU PPU Andi Arfin menjelaskan pasangan balon   H Muhammad Hariansyah Adrian  – Drs Suharjdono Msi, telah menyerahkan 19 ribu lebih fotocopy KTP dukungan pada Senin (11/2). Namun setelah diteliti dan diperiksa ternyata jumlahnya mengalami penyusutan dan berada dibawah angka 18.164 dukungan berupa fotocopy KTP yang merupakan jumlah kekurangan wajib dipenuhi pasangan ini.

Kondisi serupa, juga terjadi pada pasangan  H. Hairil Wahyuni, S.Sos – H. Husein, SE dimana jumlah kekurangan dukungannya wajib disampaikan 12.554 dukungan dan telah menyampaikan dukungan perbaikan sebanyak 13 ribu lebih, namun  setelah diperiksa jumlahnya berada dibawah jumlah dukungan kewajibannya.

“Sehingga kami langsung memutuskan pasangan ini gugur. Kedua pasangan ini tidak bisa melanjutkan ke tahapan Pemilukada selanjutnya lagi,” kata Andi Arfin, sembari menambahkan memang kedua pasangan telah menyerahkan jumlah dukungan diatas jumlah minimal kewajiban yang harus diserahkan kepada KPU. “Tetapi ketika diteliti ada beberapa dukungan berupa fotocopy KTP yang tidak memuhi syarat dan tidak bisa dijadikan bukti dukungan,” katanya.

Sementara itu, untuk dukungan perbaikan yang disampaikan pasangan balon  Drs Imam Rahardjo – Isman sejumlah 8 ribu lebih dari jumlah dukungan wajib sebanyak 7.794, ketika diteliti, jumlah dukungan telah memenuhi syarat karena hanya terdapat kekurangan sebanyak 25 dukung saja, sehingga terdapat 7.846 sah serta memenuhi syarat karena masih berada diatas kewajibannya, sehingga pihaknya, menyatakan pasangan Imam lolos dan layak diverifikasi kembali dukungannya oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk diketahui, berkas dukungan pasangan Drs Imam Rahardjo – Isman telah diserahkan kepada PPS untuk diverifikasi faktual, dimana dilakukan terhadap   100 persen dukungan kepada pemilik KTP langsung. “Kami baru bisa menyatakan lolos setelah ada hasil verifikasi dari PPS, apakah jumlah dukungan telah  cukup atau belum cukup,”ujarnya.***

Leave a Reply