• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Serahkan Daftar Kekayaan Balon kepada KPK

PENAJAM, KPUD-PENAJAM.GO.ID —Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU telah menyerahkan laporan daftar kekayaan lima orang bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)  kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  sebagai salah satu syarat menjadi peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) PPU pada 25 April 2013 mendatang.

“Kami telah menyampaikan daftar kekayaan pasangan balon bupati dan wakil bupati PPU, kepada KPK sebagai lembaga yang disyaratkan dalam UU pemilu untuk melakukan pemeriksaannya,” kata Ketua KPU PPU, Andi Arfin.

Daftar kekayaan lima orang balon tersebut yakni milik Andi Harahap – Sutiman, Yusran Aspar – Mustaqim MZ, Imam Rahardjo – Isman,  Muhammad Hariansyah Adrian  –  Suharjdono serta pasangan  Hairil Wahyuni  –  Husein. Sementara untuk balon bupati Sandra Puspa Dewi informasinya telah menyerahkan sendiri ke KPK sedangkan pasangannya Harimuddi menitipkan ke KPU.

Penyerahan laporan daftar kekayaan tersebut dilakukan beberapa waktu lalu,   setelah pihaknya melakukan pemeriksaan semua berkas milik balon,  sesudah dilakukan perbaikan terhadap beberapa syarat balon  yang dinilai masih belum lengkap .

Ia menuturkan, karena pasangan balon H Muhammad Hariansyah Adrian  – Drs Suharjdono Ms serta pasangan H. Hairil Wahyuni, S.Sos – H. Husein, SE dinyatakan gugur karena tidak bisa memenuhi jumlah dukungan perbaikan yang diwajibkan, maka hasil pemeriksaan KPK terhadap daftar kekayaan mereka dinyatakan gugur.

“Kedua pasangan balon dari perseorangan lebih dahulu kita nyatakan gugur sebelum keluarnya hasil pemeriksaan KPK, sehingga secara otomatis pencalonan mereka berikut syarat-syarat yang telah diserahkan juga sudah tidak berlaku lagi dijadikan dasar mencalonkan diri,”ujar.

Menurut Andi Arfin, bagi pasangan balon lainnya yang kini masih mengikuti tahapan Pemilukada tetap masih ditunggu hasil pemeriksaan KPK tersebut, dan diharapkan paling lambat sebelum hari pencoblosan hasilnya telah diterima oleh KPU PPU.

“Hasil pemeriksaan daftar kekayaan dari KPK tersebut, nantinya kita umumkan secara terbuka kepada masyarakat melalui media massa, agar masyarakat dapat mengetahui seberapa besar kekayaan para balon nanti,” katanya.***

Leave a Reply