• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Pemeriksaan Kesehatan Balon Mulai Disosialisasikan

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID—Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu siang (20/2), menggelar sosialisasi teknis pemeriksaan kesehatan bagi pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) PPU tahun 2013 ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Andi Arfin menjelaskan, sosialisasi teknis pemeriksaan kesehatan ini karena sifatnya teknis maka penyampaian dilakukan oleh IDI PPU tetapi tetap masuk dalam tahapan jadwal Pemilukada PPU. Sosialisasi tersebut disampaikan kepada masing-masing tim sukses (Timses) para balon baik berasal dari Parpol atau gabungan Parpol dan balon peserorangan.

“Sesuai jadwal pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan balon digelar sejak Selasa depan (26/2) hingga 1 Maret 2013 mendatang, di Rumah Sakit Umum Daerah dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan sesuai rekomendasi IDI PPU. Tim pemeriksa Kesehatan juga telah kita bentuk dimana beranggotakan sejumlah dokter spesialis bidang fisik dan  mental atau kejiwaan,”katanya.

Untuk pemeriksaan kesehatan balon jalur perseorangan yakni pasangan Imam Rahadjo – Isman, lanjutnya, baru bisa dilaksanakan setelah hasil verifikasi faktual dukungan perbaikan dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) disampaikan ke KPU dan dinyatakan memenuhi syarat,  jika tidak maka pasangan ini tidak bisa melanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan.

“Sesuai jadwal yang KPU susun untuk  pemeriksaan pada hari pertama yakni pada 26 Februari dilakukan terhadap pasangan balon Andi Harahap – Sutiman (AMAN), hari kedua 27 Februari 2013 bagi pasangan Sandra Puspa Dewi – Harimuddin Rasyid (SPDU), hari ketiga 28 Februari 2013 pasangan Yusran Aspar – Mutaqim MZ (Yaqin) dan jika pasangan Imam Rahardjo – Isman lolos  verifikasi faktual maka dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada 1 Maret 2013 depan. Masing-masing calon juga telah kami beri surat pengantar untuk melakukan tes kesehatan di RSKD,” bebernya.

Sementara itu, Ketua IDI PPU, dr. Jansje Grace Makisurat dalam paparannya menjelaskan, dalam pelaksanaan tes kesehetan tersebut 14 point jadwal kegiatan pemeriksaan kesehatan  dari jadwal persiapan hingga pemeriksaan lanjutan, dimana pasangan balon harus membawa surat pengantar dari KPU. Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan dengan cara pemngambilan sample darah dimana para calon diwajibkan untuk berpuasa dan pemeriksaan Roentgen Thoraks.

“Para balon juga nantinya menjalani pemeriksaan Usg Abdominal dimana lambung dalam keadaan kosong dan kandung kemis penuh, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan urien. Untuk pemeriksaan kepribadiaan atau kejiwaan,  pasangan balon diminta untuk mengisi 500 soal isian menggunakan instrumen MMPI. Pengambilan Sampel darah dilakukan tahap kedua juga dilakukan setelah menjalani pemeriksaan kepribadian tersebut,” katanya.

Ditambahkannya, para pasangan balon juga diminta untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan secara berurutan yang dilakukan oleh masing-masing dokter spesialis seperti dokter spesialis penyakit dalam, saraf, bedah, bedah urolugi hingga dokter spesialis jantung.***

Leave a Reply