• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Warga Diminta Cek Daftar Pemilih Tambahan

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) meminta warga masyarakat untuk melihat dan memeriksa Daftar Pemilih Tambahan untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) PPU 25 April 2013 mendatang, yang kini telah secara resmi diumumkan di Kantor Desa dan  Kelurahan.

“Kami menghimbau agar masyarakat PPU untuk melihat, mengecek dan memeriksa daftar pemilih tambahan yang telah diumumkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS)  kantor Desa dan Kelurahan  di tempat masing-masing,” ujar Ketua KPU PPU, Andi Arfin.

Ia menjelaskan, apabila ada warga atau keluarganya  yang namanya tidak masuk dalam daftar pemilih tambahan, maka diminta untuk lapor dan  mendaftarkan diri ke PPS, Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), aparat Desa/ Kelurahan atau kepada Ketua RT nya  masing-masing, sehingga bisa dimasukan kembali dalam pemilih tambahan.

“Bagi masyarakat yang namanya belum tercantum dalam daftar pemilih tambahan, ketika mendaftarkan diri, harus menyertakan bukti administrasi kependudukan yang sah, seperti,  KTP dan Kartu Keluarga,”ujarnya.

Andi Arfin menuturkan, terkait warga belum terdaftar dalam daftar pemilih tambahan namun tidak memiliki indentitas diri atau belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),  padahal telah menjadi warga PPU, syaratnya harus menyertakan surat keterangan dari RT sebagai bentuk penegasan status kewargaannya di PPU.

Bagi warga yang belum memiliki NIK tersebut, lanjutnya, maka KPU segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Disdukcapil) PPU agar warga ini mendapatkan NIK dan bisa masuk dalam daftar pemilih tambahan, karena syarat untuk dapat terdaftar sebagai pemilih, warga harus memiliki NIK yang dikeluarkan oleh Disdukcapil PPU.

Sementara itu, batas waktu melakukan pendaftaran diri bagi masyarakat yang namanya belum tercatum dalam pemilihan tambahan, diberi batas waktu pengesahan dan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT), dimana pengesahan DPT dilakukan sejak 4 – 6 Maret 2013 mendatang, jika pendaftaran dilakukan setelah ditetapkan menjadi DPT maka pihaknya  tidak bisa lagi melayaninya.

“Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan oleh PPS tersebut telah kami sampaikan kepada masing-masing Tim Sukses (Timses) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), harapkan kami timses dan Panwaslu juga bisa melakukan pengawasan dan monitoring terhadap  DPS yang dikelola oleh seluruh PPS. Kita berupaya agar bisa lebih terbuka,”tandas Andi Arfin.***

Leave a Reply