• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Akhirnya Nyatakan Pasangan Imam Gugur

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PPU akhirnya mengugurkan pasangan balon perseorangan — Drs Imam Rahadjo – Isman — dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi jumlah dukungan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Senin siang (25/2).  Balon ini merupakan satu-satunya pasangan perseorangan yang tersisa, dari tiga balon yang sebelumnya mendaftar kepada KPU dalam pencalonannya pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) PPU tahun 2013 ini.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU, Andi Arfin dihadiri tiga orang anggota KPU, sekretaris KPU, Hasanullah seluruh anggota PPK di empat kecamatan, 54 anggota PPS, pasangan  balon Imam Rahardjo – Isman serta tim suksenya, menyepakati hasil rekapitulasi dari verifikasi faktual PPS yang disampaikan oleh PPK.

Pada kesempatan itu, Andi Arfin mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi faktual PPS dan disampaikan oleh masing-masing PPK pasangan balon Imam dinyatakan gugur karena masih terdapat kekurangan dukungan sebanyak 367 orang, sehingga KPU memutuskan pasangan ini tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan pencalonannya lagi.

Ia merincikan, berdasarkan dari uraian PPK Penajam jumlah dukung perbaikan yang diajukan kepada PPS di PPK Penajam total sebanyak  3.454 orang pendukung, namun dari hasil verifikasi faktual dukungan yang memenuhi syarat (MS) sejumlah 1.456  dan tidak MS (TMS) sejumlah 1.998, lalu di  PPK Waru  jumlah dukungan yang diajukan total sebanyak 897 orang, hasil verifikasi MS sejumlah 523 dan TMS sebanyak 374 orang.

Sedangkan untuk PPK Babulu total diajukan  2.142 dukungan yang MS berdasarkan hasil verifikasi faktual PPS sebanyak  1.307 dan  TMS  835 orang pendukung. Sementara untuk di PPK  Sepaku dukungan yang diajukan oleh pasangan balon ini total sebanyak  1.368 orang namun yang  MS hanya  244 orang saja dan dukungan TMS 1.124.

“Dari  hasil verifikasi faktual tahap kedua seluruh dukungan yang MS total sebanyak 3.530 orang pendukung, jika ditambah dengan hasil verifikasi faktual tahap pertama sebanyak 7.421 maka total dukungan MS berjumlah 10.951, sementara berdasarkan keputusan KPU PPU Nomor 30 tahun 2012 syarat dukungan minimal pasangan balon perseorangan sebanyak 11.318 dukungan, maka hasil verifikasi tahap pertama dan kedua masih terdapat kekurangan dukungan sebanyak 367 dukungan,” ujarnya.

Sementara itu, Balon Bupati, Imam ketika dimintai tanggapannya oleh Ketua KPU, menyatakan menerima keputusan KPU PPU. “Saya tanyakan kepada pasangan balon, apakah bisa menerima keputusan ini,”ucap Andi Arfin dan  dijawab Imam bisa menerima.

Andi Arfin menambahkan, karena pasangan ini telah dinyatakan tidak memenuhi syarat atau gugur dalam pencalonannnya, maka secara otomatis tidak bisa mengikuti seleksi selanjutnya. ***

Leave a Reply