• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Nomor Urut Pasangan Calon: Yaqin 1, Aman 2, SPDU 3

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui rapat pleno terbuka di Gedung KPU PPU Senin (11/3/2013), menetapkan nomor urut tiga pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) dalam Pemilukada tahun 2013 ini, yakni pasangan calon Drs H Yusran Aspar, M.Si – Drs H Mustaqim MZ MM (Yaqin) nomor 1; pasangan calon H Andi Harahap S.Sos – Drs H Sutiman MM (Aman) nomor 2; dan pasangan calon Hj Sandra Puspa Dewi SH – H Harimuddin Rasyid SH (SPDU) nomor 3.

Ketua KPU PPU, Andi Arfin, saat memimpin rapat pleno menjelaskan teknis pengambilan nomor, dimana pada kesempatan pertama diberikan kepada pasangan Aman, karena pasangan pertama yang mendaftarkan diri ke KPU, disusul SPDU pada urutan dua dan terakhir pasangan Yaqin.

“Seluruh pasangan diminta untuk mengambil kunci di dalam kontak yang disediakan lima kontak dimana dua diantaranya hanyalah kotak kosong, setelah mengambil kunci pasangan calon secara bergiliran kemudian diminta untuk membuka salah satu dari tiga kotak yang disediakan oleh KPU,” terangnya.

Ia menerangkan, nomor urut didapat oleh setiap pasangan, digunakan untuk surat suara, membuat daftar calon, keperluan kampanye serta sosialiasi pasangan calon disetiap PPS, PPK dan TPS nantinya, sehingga masyarakat dapat mengetahuinya.

Hasil rapat pleno terbuka ini, lanjutanya, langsung dibuatkan surat  keputusan KPU Nomor : 271/224/KPU-PPU/III/2013 tertanggal 11 Maret 2013 dan sah digunakan oleh masing-masing pasangan calon dalam pelaksanaan tahapan pemilukada di PPU ini. Keputusan rapat ini juga dijadikan sebagai dasar membuat surat suara dan beberapa administrasi, dan segara disosialisasi kepada seluruh masyarakat termasuk juga bagi pemilih pemula.

Dalam pelaksanaan ini juga, lanjutnya, digelar pembacaan dan pernyataan deklarasi damai dari masing-maisng calon dengan harapan pelaksanaan pemilukada di PPU dapat berjalan lancar, tertib dan kondusif hingga terpilihnya pasangan bupati dan wakil bupati nanti

Terpisah pasangan nomor satu, Cabup Yusran Aspar mengatakan, dirinya dengan tangan terbuka dan sukacita menerima nomor urut tersebut, walaupun sebenarnya, semua nomor sama baiknya, namun hanya saja diberikan nomor satu maka dirinya bertekad harus menjadi nomor satu.

Sementara itu, Cawabup PPU Sutiman menuturkan, dirinya tidak mempermasalahan nomor berapa yang diinginkan, sebab pada intinya semua nomor baik, kini tinggal bagaimana masyarakat memilih pasangan mana yang terbaik nanti. “Mau nomor berapa saja tidak masalah, karena semua itu yang menentukan adalah Allah SWT, begitu pula nanti ketika pencoblosan, kini kami hanya berusaha dan menyerahkan kepada yang kuasa,” tututnya.

Cabup Sandra Puspa Dewi, mengunkapkan, semoga dengan nomor urut tiga ini adalah nomor keberutungan dan bisa menang menjadi pasangan bupati dan wakil bupati PPU,  dan dirinya juga terus fokus dan optimis untuk bekerja keras sampai masa Pemilukada selesai.

“Nomor tiga itu adalah pemberian Allah dan saya yakin dan percaya dapat menjadi pemenang, sebab bagaimanapun nomor itu tidak ada arti apa-apa, kecuali ridho Allah,” tegasnya.***

Leave a Reply