182 Anggota PPK dan PPS Pilgub 2013 Dilantik

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu siang (13/3) , melantik dan mengukuhkan 182 anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai penyelenggara pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Dan Wakil Gubernur Kaltim tahun 2013.

Ketua KPU, Andi Arfin, sebelum melantik anggota PPK dan PPS, mengungkapkan, jumlah anggota PPK yang lantik   total berjumlah 20 orang ditempatkan di empat, dimana satu PPK beranggota lima orang, sedangkan anggota PPS berjumlah 162 orang nantinya bertugas di 54 desa dan kelurahan, dengan jumlah satu PPS sebanyak tiga orang.

Ia menuturkan, anggota PPK dan PPS yang dilantik menjadi penyelenggaran pilgub tersebut merupakan juga anggota PPK dan PPS Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati PPU, dan sebelum dilantik sudah menyatakan bersedia menjadi penyelenggaran dalam Pilgub.

Untuk diketahui, lanjutnya, terkait pengangkatan kembali PPK dan PPS Pemilukada menjadi penyelenggaran Pilgub tersebut, juga telah mendapatkan persetujuan oleh KPU Pusat dan surat tersebut berlaku nasional. Mereka resmi bekerja sejak dilantik  hingga berakhirnya pelaksanaan Pilgub nanti dibulan Desember 2013.

Dirinya optimis, anggota PPK dan PPS di PPU mampu berkerja maksimal dan optimal, walaupun memiliki dua tugas penting, yakni, Pemilukada PPU dan Pilgub, karena setiap anggota telah mendapatkan pengalaman dalam pelaksanaan Pemilukada, apalagi aturan Pilgub tidak jauh beda dengan aturan Pemilukada.

“Walaupun dikukuhkan kembali, namun proses administrasi persyaratan menjadi anggota PPK dan PPS Pilgub tetap berjalan, hanya saja mereka tidak lagi menjalani perekrutan dan tes ketika pertama kali mendaftar sebagai anggota PPK dan PPS Pemilukada PPU,”terangnya.

Andi Arfin menambahkan, walaupun mereka telah resmi dilantik KPU tetap melakukan evaluasi terhadap kinerjanya, apabila dalam pelaksanaan tugas ada anggota PPK dan PPS yang tidak sanggup maka diproses penggatiannya dengan mengangkat cadangnya.

“Saya peringatkan kepada seluruh anggota PPK dan PPS yang sudah dilantik memiliki tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab memelihara, menyelamatkan pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakya, sehingga diharapkan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya Pilgub dan wakil gubernur Kaltim, selain itu juga demi tegaknya demokrasi dan keadilan dan   mengutamakan kepentingan negara kesatuan RI dari pada kepentingan pribadi atau golongan,”tegas Andi Arfin.***

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Categories

Switch to our mobile site