• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Hari ini KPU dan Timses Rapatkan Lokasi Kampanye dan Algaka

PENAJAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merencanakan rapat penentuan lokasi kampanye dan tempat pemasanan alat peraga kampanye (Algaka) bersama tim sukses (timses) tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam pelaksanaan masa kampanye Pemilihan Umum Kepala daerah (Pemilukada) PPU pada 8 – 21 April 2013 mendatang.

“Hari ini (Selasa, 19/03, Red), kami menggelar rapat dengan para timses pasangan calon guna membahas lokasi kampanye, tempat pemasagan algaka. Penentuan titik  lokasi kampanye dan tempat algaka ini berdasarkan surat keputusan bupati yang kami terima dari Kesbangpol PPU  pada 11 Maret kemarin, selain itu juga dibicarakan jadwal kampanye,” Ketua KPU PPU Andi Arfin.

Sejumlah titik dari Pemerintah itu, akan ditawarkan kepada timses pasangan calon apakah disetujui atau bahkan dilakukan perubahan. Hasil rapat tersebut langsung dijadikan surat keputusan KPU PPU, dan masing-masing timses bisa menindaklanjuti keputusan tersebut.

Sesuai dengan SK bupati, lanjutnya, untuk lokasi kampanye terbuka di Kecamatan Penajam ada enam lokasi sedangkan kampanye tertutup dua lokasi, untuk Kecamatan Waru lokasi kampanye terbuka terdapat dua tempat dan satu tempat tertutup, Kecamatan Babulu tempat kampnye terbuka ada empat lokasi dan tertutup tujuh tempat sedangkan Kecamatan Sepaku terdapat lima tempat kampanye terbuka dan dua lokasi kampanye tertutup.

Sedangkan untuk penempatan algaka, di Kecamatan Sepaku terdapat 15 titik, Babulu 34 titik, Waru empat titik dan Kecamatan Penajam 13 titik. Selain itu dari Km 1 jalan provinsi hingga tapal batas Kabupaten Paser serta dari Simpang Silkar hingga tapal batas Kukar juga dapat dijadikan sebagai lokasi pemasangan Algaka. “Titik algaka serta lokasi kampanye baik terbuka dan tertutup tetap kami tawarkan ke masing-masing timses apakah perlu dikurangi atau ditambah, sebelum kami tetapkan menjadi keputusan,” kata Andi Arfin.

Terkait dengan teknis pelaksanaan kampanye yang dijadwalkan sejak Senin hingga Minggu (8 – 21/4) mendatang, ditetapkan pada hari pertama masa kampanye yakni Senin (8/4) dilaksanakankan penyampaian visi misi pasangan calon dalam rapat paripurna istimewa DPRD PPU, dan pada esok harinya  Selasa (9/4) dilaksanakan kampanye damai yang diikuti seluruh  pasangan calon. Jika dihitung maka masa kampanye tinggal tersisa 12 hari saja, sehingga masing-masing calon mendapatkan empat hari kampanye.

“Kampanye pasangan calon kita jadwalkan secara bergantian, dimana satu hari satu pasangan dengan lokasi bebas di empat kecamatan, hal ini juga untuk memudahkan aparat keamanan melakukan pengamanan, sebab  Jika dilakukan bersamaan, pendukung pasangan calon dapat bertemu dan mungkin saja  dapat menimbulkan gesekan antar pendukung,” katanya.***

Leave a Reply