• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Targetkan 120.526 Lembar Surat Suara Selesai Awal April

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID —Surat suara pasangan calon Pemilukada bupati dan Wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU) 2013, ditargetkan pada awal April telah selesai dan berada di PPU.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Andi Arfin, mengatakan KPU telah melakukan peninjauan serta survey perusahaan percetakan yang nantinya mencetak surat suara tersebut dengan lokasi di Prvovinsi Jawa Tmur, dimana perusahaan  percetakan telah menyatakan kesiapannya untuk menyelesaikan tepat waktu pada awal April depan.

“Sistem pengadaan surat suara ini diakukan dengan cara penunjukan langsung, karena anggaran yang disiapkan hanya Rp190 jutaan atau dibawah Rp200 juta. Dari hasil peninjauan kami pabrik perusahaan cukup layak untuk mengadakan surat suara tersebut termasuk  juga dalam pendistribusian ke KPU PPU,” katanya.

Ketua KPU PPU menjelaskan, jumlah surat suara yang dicetak  total berjumlah 120.526 lembar, dengan perincian jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2013 sejumlah 117 856 pemilih  dengan pemilih laki-laki  62.289 orang, perempuan 55.567 orang pemilih lalu ditambah 2,5 persen surat suara cadangan, sehingga total sebanyak 120.526 surat suara.

Guna menjaga keamanan percetakan suara suara tersebut, lanjutnya, proses percetakan dimonitoring dan diawasi langsung satu orang anggota  KPU PPU,  dan petugas polisi dari Polres PPU, namun dirinya mempersilahkan jika Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) ikut melakukan pemantauan. Semua surat yang tercetak, akan dibuatkan berita acaranya sedangkan yang rusak setelah dibuatkan berita acaranya langsung dimusnahkan.

Sebelum naik kepercetakan, lanjut Andi Arfin, dibuatkan satu lembar   surat suara yang dijadikan sebagai contoh, untuk  ditawarkan kepada pasangan calon, apakah foto yang dicetak disetujui atau tidak, jika disetujui maka surat suara langsung ditandatangni oleh KPU. Ditargetkan format cetak suara suara itu diserahkan ke percetakan paling lambat satu minggu kedepan.

Selain mencetak surat suara, tambahnya, juga dilakukan percetakan kartu pemilih yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah DPT dimana KPU telah menganggarakan biaya percetakan untuk kartu tersebut sebesar Rp154 juta  lebih dan pengadaan juga dilakukan dengan penunjukan langsung.

“Setelah semua surat suara di terima oleh kami, maka langkah selanjutnya dilakukan penyortiran serta pelipatan. Semua logistik seperti surat suara sejumlah formulir, tinta dan lain-lain,  disimpan di dalam gudang logistik milik kami dan dijaga ketat oleh pertugas kepolisian, sebelum di distribusikan ke PPS,” katanya. ***

Leave a Reply