• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Kertas Suara Pemilih Sudah Selesai Dicetak

PENAJAM – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Penajam Paser Utara sudah di depan mata. Jika dihitung mundur, waktunya tinggal sebulan lagi dari sekarang, tepatnya pada 25 April nanti. Segala persiapan pun terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar pesta demokrasi 5 tahunan itu berjalan lancar dan sukses.  Salah satunya pengadaan kertas suara pemilih.

 

Akhir pekan lalu, alat kelengkapan saat pencoblosan itu sudah selesai dicetak di Surabaya, Jawa Timur.  Jumlahnya sebanyak 120.802 lembar. Angka tadi merujuk jumlah pemilih tetap yang terdaftar di KPU, yakni 117.856 pemilih. “Kemudian ditambah 2,5 persen untuk cadangan. Siapa tahu nanti ada yang rusak,” terang anggota KPU PPU M Nasir.

 

Nasir yang melihat langsung proses pencetakan mengatakan, proses pencetakan memakan waktu 2 hari, mulai Kamis (21/3) hingga Jumat (22/3). Kemudian Sabtu (23/3), langsung dikirim ke Penajam menggunakan pesawat melalui Balikpapan. Demi keamanan, selama surat suara dicetak hingga pengiriman, dikawal ketat polisi, yang juga ikut ke percetakan di Surabaya. “Kami tak ingin ambil risiko,” tegas Ketua KPU PPU Andi Arfin. “Sekarang surat suara sudah kami simpan di gudang logistic,” sambung Andi Arfin.

 

Sesuai jadwal yang sudah disusun, kertas-kertas suara pemilih nanti akan didistribusikan 3 hari sebelum pencoblosan. Waktu pendistrubusian yang terlalu dekat dengan hari pencoblosan, karena secara umum wilayah PPU mudah dijangkau. “Aksesnya masih mudah, termasuk di daerah pelosok sekali pun,” ujar Andi Arfin. (ind2)

sumber: Kaltimpost

Leave a Reply