Tidak Masuk DPT, Pemilih Dapat Gunakan KK dan KTP

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID —Warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bisa melakukan pencoblosan menggunakan hak suara pada 25 April kendati tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan syarat menunjukan  kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) asli, serta menyerahkan fotocopy kepada KPPS.

“KPU akan memberikan kesempatan kepada warga yang tidak masuk dalam DPT), untuk tetap menyalurkan hak suara dalam Pemilukada 25 April mendatang. Syaratnya, harus menunjukan KTP dan KK asli serta menyerahkan fotocopynya kepada KPPS,” kata Ketua Komisi  Pemilihan Umum (KPU) PPU, Andi Arfin.

Penerapan KTP dan KK ketika pencoblosan tersebut sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 85/PUU-8/2012  yang ditandatangani  13 Maret 2013 tentang penggunaan hak pilih bagi warga Negara yang bisa menggunakan saat pemungutan suara, walaupun tidak terdaftar di DPT diberikan kesempatan melakukan pemungutan suara dengan menujuk KTP dan KK asli serta menyerahkan fotocopynya.

Untuk diketahui, sebelumnya ada keputusan MK tentang penggunaan KTP dan KK saat pencoblosan tersebut, bagi warga yang tidak terdaftar di DPT, maka  tidak bisa memberikan hak suara. Namun kini KTP dan KK bisa dijadikan sebagai bukti untuk melakukan pencoblosan dengan melaporkan dirinya kepada KPPS di masing-masing TPS nanti.

Dalam surat keputusan MK tersebut, terangnya terdapat empat point penting atau syarat bagi pemilih yang menggunakan KTP atau KK,  pertama menunjukan KK dan KTP masih berlaku, kedua penggunaan hak pilih tersebut hanya dapat dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di RT sesuai dengan alamat yang tertera di dalam KTP-nya, ketiga sebelum menggunakan hak pilihya yang bersangkutan terlebih dahulu mendaftarkan dirinya kepada KPPS setempat dan syarat terakhir atau keempat pemberian suara dilakukan dalam waktu satu jam sebelum selesai pemungutan suara.

“Warga yang tidak terdaftar di DPT tapi punya KTP dan KK bisa memberikan hak suara. Cukup menunjukan KTP dan KK asli sudah bisa dan jangan lupa foto kopinya harus disetorkan kepada KPPS dan  harus mendaftarkan diri kepada KPPS paling lambat pada saat pemungutan suara,  mereka hanya diberikan kesempatan untuk memilih satu jam sebelum penutupan pemungutan suara, atau dari pukul 12.00 sampai pukul 13.00,”terangnya.

Terkait dengan pelaksanaan pencoblosan didaerah setempat sesuai alamat KTP, lanjutnya, maka hanya bisa dilakukan di TPS dialamat KTP nya, contohnya si A warga beralamat RT 01 Penajam, maka si A hanya bisa melakukan pencoblosan di TPS RT 10 tadi, tidak boleh di TPS lain di luar wilayah RT 10.

“Adanya putusan MK ini, kami segera melakukan sosialisasi kepada PPK dan PPS dan selanjutnya kepada seluruh KPPS. Diharapkan nanti, keputusan MK ini bisa dilaksanakan pada saat hari pelaksanaan. Sosialisasi juga kami lakukan  kepada masing-masing tim sukses (timses) ketiga pasangan calon masing-masing Yusran Aspar-Mustaqim (YAQIN), Andi Harahap-Sutiman (AMAN) serta Sandra Puspa Dewi-Harimuddin Rasyid (SPDU),”tukasnya.***

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Categories

Switch to our mobile site