• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Pasuruan Terima Kunjungan KPU PPU-KalTim

PASURUAN, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID.—Setelah pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Pasuruan 3 Maret 2013 yang lalu, KPU Kabupaten Pasuruan menjadi tempat tujuan studi banding bagi KPU lain yang akan melaksanakan Pemilukada.

Salah satu kunjungan studi banding itu dilakukan oleh KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur pada Rabu (10/4/2013). Kedatangan mereka untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan KPU Kabupaten Pasuruan  tentang menjelang pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur yang hari coblosannya pada Kamis (25/4/2013) mendatang.

 

Mereka yang datang dari pulau seberang itu diterima secara lengkap oleh 5 komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, sedangkan dari Komisioner KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang datang adalah Fatmi Kurniastuti yang didampingi 3 staf.

 

Fatmi Kurniastuti ingin mempelajari lebih jauh tentang keberhasilan KPU Kabupaten Pasuruan  yang baru saja melaksanakan Pemilukada dengan sukses, aman, lancar dan tanpa gugatan. Gambaran Pemilukada Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), jumlah kursi DPRD 25 kursi, jumlah pasangan calon 3 yang semuanya incumbent, jumlah DPT 117.856 pemilih tersebar di 284 TPS, jumlah kecamatan 4 dan jumlah desa 54.

 

Menurut Fatmi, potensi konflik sudah mulai ada yang ditandai dengan mencuatnya persoalan DPT, lalu Hari Moerti, Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan yang membidangi DPT mengungkapkan bahwa setiap Pemilukada, DPT selalu menjadi issu utama yang akan dipersoalkan sejumlah pihak, tapi KPU dapat mengakomodasi dengan adanya perubahan/perbaikan DPT pada H-7 dan KPU Kabupaten Pasuruan  sudah melakukannya sehingga setelah Pemilukada tidak ada pihak yang mempersoalkan lagi.

 

Di Pemilukada tahun 2008 yang lalu, Kabupaten PPU mengalami kekesruhan dan terjadi gugatan di Mahkamah Monstitusi (MK), saat ini Fatmi ingin hal itu tidak terulang lagi untuk Pemilukada 2013 yang tinggal beberapa hari lagi.

Sumber: kpud-pasuruankab.go.id

Leave a Reply