KPU Setujui Penggunaan KTP dan KK Saat Pencoblosan

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat menyetujui penggunaan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan Kartu Keluarga (KK) dalam pencoblosan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) bupati dan wakil bupati Penajam Paser Utara (PPU) 25 April 2013.

Menurut Ketua KPUD PPU, Andi Arfin, persetujuan  penerapan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 85/PUU- X/2012 tanggal 13 Maret 2013 tentang penggunaan KTP dan KK bagi warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT),  setelah KPU pusat menerbitkan Surat edaran KPU nomor 186/KPU/III/2013 perihat penjelasan tindak lanjut putusan MK nomor 85/PUU-X/2012 yang ditandatangani Ketua KPU Husni Kamil Manik tertanggal 27 Maret 2013.

Isi surat edaran itu menjelaskan, sehubungan dengan putusan MK bernomor 85/PUU- X/2012 tanggal 13 Maret 2013 yang mengadili perkara pengujian UU nomor 32/2004 tentng pemerintahan daerah dan terkait penyelenggaraan pemilukada khususnya tahapan pemungutan dan perhitungan suara di TPS, dengan ini disampaikan bahwa pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPS, DPSHP, DPSHP akhir dan DP4 dapat memberikan suaranya dengan ketentuan, menunjukan KTP dan KK yang masih berlaku atau sama sejenisnya.

Pemilih yang menggunakan KTP dan KK tersebut, lanjutnya, hanya dapat dilakukan di TPS yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai dengan alamat yang tertera di dalam KTPnya. Sebelum menggunakan hak pilihnya, yang bersangkutan terlebih dahulu mendaftaran diri pada KPPS setempat.

“Masyarakat yang menggunakan haknya dengan KTP dan KK hanya bisa mencoblos dalam waktu satu jam sebelum selesainya pemungutan suara di TPS, “ kata Ketua KPUD PPU.

Untuk diketahui, lanjutnya, bagi pemilih yang menggunakan hak pilih dengan hanya menunjukan KTP dan KK  dicatat dalam formulir C1-KWK pada kolom pemilih dari TPS lain dan dicatat juga pada formulir C3 yang merupakan formulir pernyataan keberatan saksi dan kejadian khusus yang berhubungan dengan hasil pemungutan suara dan perhitungan suara Pemilukada di TPS.

Sementara itu, jalannya tahapan Kampanye, pada Jumat (19/4), merupakan tahapan terakhir kampanye pasangan calon nomor 1 Yusran Aspar – Mutsaqim MZ (YAQIN) yang mengelar kampanye di dua titik yakni  temu wicara di kelurahan Petung  dan lapangan  Gunung Steleng Kelurahan Penajam Kecamatan Penajam kampanye terbuka.

Sedangkan pasangan nomor urut dua Andi Harahap – Sutiman (AMAN) juga akan melaksanakan kampanye terakhir di halaman Stadion sepak bola PPU Kelurahan Nipah-nipah Kecamatan Penajam, pada hari ini Sabtu (20/4), hal serupa juga dilakukan pasangan nomor urut tiga Sandra Puspa Dewi – Harimuddin Rasyid (SPDU)  yang kampanye terakhirnya digelar di tempat sama  pada Minggu (21/4).***

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Categories

Switch to our mobile site