Pleno Rekapitulasi Suara Mulai Pukul 11.00 Wita Pagi Ini

PENAJAM – Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilukada tingkat kabupaten sekaligus menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2013-2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) digelar mulai pagi ini pukul 11.00 Wita di Gedung KPU PPU.

Dalam rapat pleno ini KPU hanya mengundang satu orang saksi masing-masing  pasangan calon Ketua Panitia Pemungutan Suara, Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, Panwaslu,  Kapolres PPU dan  Dandim 0904/TNG.

“Undangan hanya boleh masuk jika membawa undangan, termasuk juga saksi harus membawa surat mandat dari Timses pasangan calon yang ditandatangani oleh Ketua dan sekretaris Timses atau tim pemenangan pasangan calon,” kata Ketua KPUD PPU Andi Arfin didampingi  Komisioner Devisi Informasi dan Hubungan antar Lembaga KPU Fatmi Kurniastuti.

Terkait dengan pengaman, KPU berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengamanan, sehingga jalannya pleno dari awal hingga berakhirnya kegiatan  berjalan baik tanpa kendala.

Sementara itu,  Fatmi Kurniastuti, menjelaskan teknis jalannya pleno yakni setiap ketua PPK diminta untuk membuka kotak berisi berita acara hasil pleno rekapitulasi suara tingkat PPK, lalu berita acara tersebut dibacakan langsung oleh setiap ketua PPK dan jika tidak ada masalah maka oleh KPU hasilnya ditetapkan dalam pleno.

Ia menerangkan,  dalam pleno tersebut, setiap saksi masih diperbolehkan untuk mengajukan sanggah dimana waktu masa sanggah diberikan selama tiga hari setelah pelaksanaan pleno, dimana saksi harus lebih dahulu mengisi dan mengajukan formulir model BB tentang keberatan saksi dalam kejadian khusus. Pihaknya tidak bisa melarang kepada timses untuk mengajukan sanggahan karena itu hak mereka, apakah melalui KPU langsung ataukah ke MK.

“Kami telah  berusaha untuk bersikap profesional,  kami pasti tidak bisa merubah hasil rekapitulasi dari tingkat KPPS, PPS dan PPK, hasil tetap sama silahkan dicermati, jadi jangan khawatir  atas kinerja kami,” katanya, sembari berpesan agar pasangan yang menang bersama timnya  jangan sombong namun alangkah baiknya jika semakin mempererat tali silaturahmi dengan pasangan calon lainnya. “Bagi  pasangan yang belum memiliki  kesempatan dapat menerima dengan lapang dada, sehingga pembangunan dan roda pemerintahan di PPU tetap berjalan dengan semakin baik,” tambahnya. ***

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Categories

Switch to our mobile site