• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Mendagri Terbitkan Keputusan Pelantikan Bupati dan Wabup PPU

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID —Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Gamawan Fauzi telah menetapkan Keputusan Mendagri (Kepmendagri) nomor : 131.64-4710 Tahun 2013   tanggal 17 Juli 2013  dan Kepemendagri Nomor : 132.64-4711 Tahun 2013 tanggal 17 Juli 2013, perihal pengesahan  pengangkatan Drs  H  Yusran Aspar M.Si sebagai Bupati dan Drs H Mustaqim MZ MM sebagai wakil bupati PPU masa jabatan 2013 – 2018.

Dengan terbitnya Kepmendagri tersebut maka masa jabatan bupati dan wabup periode 2008 – 2013 dinyatakan berakhir  bertepatan dilakukan proses pelantikan bupati dan wabup terpilih di 31 Juli 2013 mendatang. Pelantikan dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD PPU, dimana pengambilan sumpah janji dipimpin oleh Gubernur Kaltim atas nama Mendagri Ri.

“Walaupun Kepmendagri tersebut sudah disampaikan ke masing-masing bupati dan wabup yang akan dilantik, KPU PPU,  Panwaslu, KPU Kaltim dan Panwaslu Kaltim, namun hingga kini juga pihaknya belum menerima tembusan Kepmendagri tersebut, rencananya kami akan mengintruksi Kabag Pemenrintahan guna segara jemput  bola untuk mendapatkan tembusan tersebut,” kata Plt Sekda PPU, Abdul Zaman, Senin (22/7).

Dalam rangka memsukseskan pelaksanaan pelantikan tersebut, lanjutnya, Sekda Provinsi Kaltim melalui Asisten Pemerintahan, pada Selasa (23/7) telah mengundang Asisten 1 Setkab PPU, Kabag Pemerintahan, kabag umum, kabag perlengkapan, Kabag Humas dan protokol Sekwan, untuk dapat menghadiri  rapat koordinasi. Rapat tersebut, bertujuan agar Pemkab segera membentuk kepanitian pelantikan tersebut.

“Kami nantinya akan membentuk panitia yang anggotanya berasal dari Sekretariat  DPRD, Pemkab, TNI-AD, TNI – AL dan  Polres. Karena dalam pelaksanaan pelantikan tersebut dilakukan dalam paripurna  DPRD maka seara teknis kegiatan di dalam gedung merupakan wewenang Sekretariat DPRD, sedangkan untuk pemenenuhan kebutuhan lain di pelantikan tersebut, maka perlu bantuan sejumlah bagian di lingkup Pemkab PPU, begitu pula dalam hal keamanan yang dikoordinasikan dengan Polri dan TNI termasuk Satpol PP serta Dishub,”bebernya.

Ia menambahkan, rencananya setelah mendapatkan arahan dan masukan dari Pemprov, maka pada hari Rabu (24/7), pihaknya kembali melaksanakan rapat lanjutan. Karena pelantikan ini sangat istimewa bagi masyarakat PPU dan hanya lima tahun sekali, maka perlu mendapat perhatian semua pihak.

“Kami berharap, proses pelantikan berjalan lancar tanpa kendala. Ini merupakan kerja kita bersama dan sangat spesial bagi masyarakat PPU, jadi perlu adanya kerjasama yang baik  antara pemerintah dengan  panitia serta masyarakat luas. (*)

Leave a Reply