KPU Kaltim Tetapkan Nomor Urut Tiga Pasang Calon Gubernur/Wagub

SAMARINDA – Kendati belakangan didera persoalan penetapan bakal pasangan calon dan rawan gugatan, tetapi Komisi Pemilihan Umum (KPUKaltim terus maju ke tahapan berikutnya yakni menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur sebagai peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kaltim 2013. Penetapan no urut ini dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan, Penentuan No Urut dan Pengumuman Pasangan Cagub/Cawagub Kaltim di Hotel Senyiur Samarinda, Sabtu (27/7) malam.

Berdasarkan SK Ketua KPU Kaltim No 139/Kpts/KPU-Prov-021/2013 tentang penetapan nomor urut pasangan calon, ditetapkan pasangan calon AFI — Mukmin (H Awang Faroek Ishak – HM Mukmin Faisyal) nomor urut 1, Farid – Sofyan (H Farid Wadjdy — H Aji Sofyan Alex) no urut 2, dan Imdad — Ipong (H Imdaad Hamid — Ipong Muchlissoni) no urut 3.

 

“Mudah-mudahan penetapan pada bulan Ramadhan ini memberi keberkahan yang dapat menentukan Gubernur/Wagub yang dapat menyejahterakan Kaltim dan menjadikaan Pemilukada aman dan damai,” kata Ketua KPU Kaltim, H Andi Sunandar.

Penetapan dan pengumuman no urut ini diawali pencabutan nomor urut oleh masing-masing pasangan dengan disaksikan Ketua KPU Kaltim dan Ketua Bawaslu Kaltim, Khairul Akbar. Sebelumnya, setiap tim sukses (Timses) menampilkan yel-yel dan pantun. Saat itu turut dilakukan penyerahan buku putih dari Pemda oleh Plt Sekprov Kaltim kepada masing-masing pasangan calon.

Menurut Andi Sunandar, seteleh penetapan no urut,  tahapan selanjutnya dilakukan percetakan logistik (surat suara, formulir penghitungan, formulir penetapan) dengan merujuk no urut masing-masing calon. Lantas dilanjutkan dengan pelaksanan jadwal kampanye selama 14 hari mulai 24 Agustus — 6 September 2013. Pelaksanaannya melibatkan Pemda dan Kepolisian.

Tahapan selanjutnya adalah masa tenang atau masa menunggu pencoblosana pada 10 September 2013,” ujar Andi Sunandar. Ia berharap dan meminta seluruh masyarakat Kaltim untuk mengawal dan memperhatikan agar pelaksanaan Pemilukada Kaltim 2013 berlangsung jujur, aman, adil dan bermartabat.

Ketua KPU Kaltim mengimbau masyarakat Kaltim untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilukada Kaltim dengan menyalurkan hak suaranya. Sebab, hak pilih setiap orang akan memberi andil terhadap pembangunan Kaltim ke depan. Selain itu, masyarakat pun diharapkan dapat menyaksikan debat kandidat para calon di TV One dan Metro TV agar dapat mengetahui visi misi pasangan calon. Debat kandidat ini akan ditayangkan kemudian.

Sementara Ketua Bawaslu Kaltim Khairul Akbar mengatakan, secara umum penetapan no urut pasangan calon sah lantaran pleno dihadiri tiga komisioner KPU Kaltim sebagai persayaratan 50 + 1. Selanjutnya, Bawaslu juga meminta pasangan calon mengikuti semua tahapan secara tertib. Ia menyatakan, Bawaslu hadir bukan untuk mencari-cari kesalahan, tapi hadir bersama-sama meluruskan masalah.

“Sebelum meluruskan permasalahan yang lain, Bawaslu harus lebih dulu lurus. Sudah menjadi tekad Bawaslu harus berada di garis terdepan untuk mengawal Pemilukada Kaltim bersih,” harapnya sembari menyarankan agar pasangan calon juga menyesuaikan nama lengkap pendaftaran sesuai ijazah agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. (arf-dil/diskominfo)

teks foto :

TIGA PASANG CALON : Ini dia tiga pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Kaltim yang akan meramaikan Pemilukada Kaltim 2013, dengan nomor urut masing-masing. Penetapan nomor urut pasangan calon ini ditetapkan KPU Kaltim, Sabtu (27/7) malam. (foto : diskominfo/yoyo)

Sumber: Diskominfo Kaltim

No comments yet

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • Categories

Switch to our mobile site