• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Belum Terima Surat Suara Penggantian

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Pelaksanaan Pemilu Anggota DPD, DPR, DPRD Propinsi dan DPRD kabupaten/kota di beberapa Tempat Pemungutan Suara  (TPS) terancam, pasalnya surat suara penggantian yang diusulkan ke KPU RI melalui KPU Kaltim, hingga kemarin belum ada kejelasan. Demikian dikatakan, Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi, kepada Koran Kaltim,  Rabu siang (2/4).

Dijelaskannya, KPU PPU sudah menyampaikan secara resmi jumlah surat suara yang kurang kepada KPU RI melalui KPU Kaltim mencapai 6.082 dimana 2.179 lembar diantaranya surat suara rusak, namun hingga kini surat suara penggantian tersebut belum diterima oleh KPU PPU, sementara KPU daerah lain telah jauh – jauh hari menerimanya.
Diakuinya, memang ada informasi jika surat suara untuk DPD dan DPR RI saat ini posisinya ada di KPU Propinsi, namun pihaknya baru mengirimkan satu orang komisioner untuk mengecek keberadaan surat suara itu, apakah jumlah dapat mengisi kekurangan yang ada, sedangkan untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten PPU, pihaknya belum mengetahui kondisinya apakah ada atau tidak.
“Kami mendapat informasi jika surat suara itu sudah ada tetapi posisinya berada di KPU RI tidak dikirim langsung ke PPU, seharusnya surat tersebut telah tiba di PPU pada hari ini (kemarin). Bahkan KPU PPU disuruh untuk mengambil surat suara itu sendiri ke KPU pusat, jelas hal itu tidak bisa dilakukan, karena distribusi ke KPU kabupaten merupakan tanggungjawab perusahaan percetakan,” ujarnya.
Ia menegaskan, paling lambat surat suara penggantian tersebut sudah ada di PPU hari Jumat (4/4) besok, apabila surat suara tida satu hari sebelum pencoblosan maka maka kondisi di PPU sangat riskan, gugatan dari Parpol karena merasa dirugikan.
“Surat suara pengganti tersebut paling lambat harus ada di PPU pada Jumat besok, sebab KPU harus melakukan sortir dan pelipatan kembali, kemudian di Minggu (6/4) seluruh logistik harus sudah di distribusikan ke PPK, PPS dan TPS,”ujar Feri.
Dibeberkannya, berdasarkan berita acara dan pelaporan yang disampaikan ke KPU Pusat jumlah kekurangan surat suara tersebut sebanyak 6.082 lembar dengan perincian, untuk surat suara  DPD kekurangan sejumlah  1.357 lembar, rusak 73 lembar, DPR RI kekurangan sebanyak 1.019 lembar, rusak 862 lembar, DPRD Kaltim Dapil 3 kekurangan 3.629 lembar, rusak 912 lembar, DPRD Dapil 1 PPU kekurangan  33 lembar, rusak 264 lembar, DPRD Dapil 2 PPU kelebihan  132 lembar, rusak 28 lembar dan terakhir DPRD Dapil 3 PPU kekurangan  44 lembar serta  rusak 40 lembar.(nav)

Sumber: Koran Kaltim

Leave a Reply