• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU Datangkan Surat Suara dengan Biaya Sendiri

PENAJAM – Mengenai kekurangan surat suara yang dialami Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara, kini pihaknya sudah bernafas lega. Karena kekurangan surat suara terbut sudah sampai di kantor KPU PPU pada hari Jum’at (4/4) sore. KPU PPU awalnya melaporkan kekurangan surat suara sebanyak 6.730 surat suara.

Tapi, yang disetujui oleh KPU Pusat hanya 3.629 surat suara, itu pun KPU PPU mengeluarkan biaya sendiri untuk mendatangkan surat suara itu, langsung dari KPU Pusat. Ketua KPU PPU, menjamin bahwa logistik Pemilu sudah dianggap aman atau mencukupi.

Ketua KPU PPU, Feri Mei Effendi, mengatakan, bahwa KPU sudah menerima kekurangan surat suara. Namun, untuk mendatangkan surat suara tersebut, KPU PPU harus mengeluarkan biaya sendiri untuk pengiriman dari KPU Pusat.

“Awalnya surat suara itu, akan dikirim KPU Pusat, tapi tiba-tiba kami diminta mengambil sendiri ke Jakarta dan biaya pengiriman kami yang tanggung,” kata Feri pada Balikpapan Pos saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (6/4) kemarin.

Setelah menerima surat suara tersebut, KPU langsung menyortir dan melipat untuk. Namun demikian Feri menyebutkan masih terdapat surat suara yang rusak Karena bercak tinta dan robek. Meski tidak menyebutkan jumlah kerusakan, Komisi Pemilihan Umum Penajam Paser Utara menyatakan logistik dalam keadaan aman dan siap untuk didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tanggal 7 April 2014 (hari ini).

Selain surat suara, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara juga menggandakan sendiri formulir C1 dan D yang dipegang oleh setiap PPS, karena KPU tingkat Pusat terkendala masalah anggaran.

Penggandaan dilakukan di Balikpapan dan sudah selesai hari ini (hari Minggu kemarin, Red), dan siap didistribusikan dengan logistik lainnya ke 333 tempat pemungutan suara yang tersebar di Kabupaten PPU dengan pengawalan ketat pihak kepolisian Resort PPU.

“Secara umum, kesiapan pemilu legislatif (Pileg) sudah mencapai 98 persen, dengan demikian diharapakan masyarakat dapat ikut berpartisifasi mensukseskan dengan menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar pada hari Rabu 9 April 2014 mendatang,” terang Feri.(bp-20)
Sumber: Balikpapanpos.co.id

Leave a Reply