• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

116.705 Warga PPU Hari Ini Gunakan Haknya

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID – Sebanyak 116.705 orang masyarakat Pemilih Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten PPU tahun 2014, hari ini Rabu (9/4) menggunakan haknya untuk memilih wakilnya pada tingkat nasional hingga kabupaten. Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Feri Mei Efendi kepada Koran Kaltim, kemarin.
Ia menjelaskan, ke 116.705 warga pemilih tersebut akan menggunakan hak suaranya untuk mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing –masing dengan jumlah mencapai 333 TPS tersebar di 54 desa/ kelurahan pada empat kecamatan. Dimana pelaksanaan dilakukan serentak se Indonesia sejak pukul 08.00 wita hingga pukul 13.00 wita.
Dibeberkannya, dari 116.705 pemilih tersebut berasal dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 116.085 ditambah dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang mencapai 620 orang. Nantinya nama – nama pemilih yang masuk dalam DPT dan DPK akan ditempel di papan pengumuman setiap TPS, sehingga pemilih dapat mengetahui apakah namanya terdaftar.
Feri menambahkan, bagi warga yang belum masuk dalam DPT masih dapat menggunakan hak pilihnya ke TPS terdekat, dengan syarat menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) di mana ia berdomisili. Namun, mereka baru bisa menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00 ke atas atau satu jam sebelum pemungutan suara berakhir.
“Warga yang tidak masuk dalam DPT, DPK ataupun DPTb, dan tidak mendapat surat undangan memilih di TPS masih dapat menggunakan haknya, tetapi harus bisa menunjukan KTP dan KK miliknya sendiri. Kami sangat berharap semua warga pemilih datang ke TPS – TPSnya,”tukasnya.
Untuk diketahui, lanjut Feri, saat ini semua logistik sejak Senin (7/4) lalu telah berada di setiap PPK, dan hari ini, selasa kemarin kembali didistribusikan ke PPS , dan pada besok pagi semua logistik telah berada di setiap TPS.
Dituturkannya, hingga saat ini semua proses distribusi logistik berjalan lancar dan tanpa kendala, selain karena kesiapan PPK dan PPS untuk pengawalan logistik juga mendapatkan penjagaan anggota polisi. “Besar harapan kami, semua proses tahapan pemilu berjalan lancar tanpa kendala,”pungkas Feri.(nav)

Sumber: KoranKaltim

Leave a Reply