• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Hari Ini Digelar Rapat Pleno Penetapan 25 Wakil Rakyat DPRD PPU

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID. —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Uutara (PPU) hari ini, Senin (11/5) melakukan Rapat Pleno penetapan hasil Pileg 9 April, yang sekaligus menetapkan para wakil rakyat di DPRD PPU sebanyak 25 orang pada periode 5 tahun kedepan.

“Sesuai jadwal, setelah digelar rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten dan provinsi,  besok (hari ini) akan digelar pleno penetapan caleg terpilih bakal menduduki kursi DPRD PPU,” ujar Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi.
Ia menjelaskan, penetapan caleg terpilih mengacu pada Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) yang sah ditetapkan KPU sesuai tingkatan, kemudian penetapan perolehan jumlah kursi setiap parpol di setiap daerah pemilihan. Untuk diketahui, jumlah caleg ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) sebanyak 283 calon dari 12 parpol dan perebutkan 25 kursi di DPRD PPU.

“Di PPU terbagi tiga dapil, yakni dapil I Kecamatan Penajam 12 kursi, dapil II Kecamatan Sepaku 5 kursi dan dapil III Kecamatan Babulu dan Waru 8 kursi,” sebutnya.
Ia juga mengungkapkan, sesuai hasil rapat pleno rekapitulasi hasil Pileg digelar baru-baru ini, jumlah suara sah untuk dapil I Penajam 40.801 suara, jika dibagi 12 kursi menggunakan BPP, maka jumlah suara satu kursi 3.400. Kemudian, dapil II Sepaku 17.849 suara sah dibagi lima kursi diperoleh BPP 3.570 suara dan dapil III Babulu-Waru dengan 27.282 suara sah dibagi 8 kursi maka 3.410 suara setiap kursi.
Dikatakan, jika jumlah suara sah suatu parpol sama atau melebihi BPP, maka diperoleh sejumlah kursi menggunakan penghitungan tahap pertama dan sisa suara dihitung gunakan tahap kedua. “Apabila jumlah suara sah satu parpol lebih kecil dari BPP maka parpol tersebut kandas pada penghitungan tahap pertama, suara parpol akan digunakan pada penghitungan tahap kedua jika terdapat sisa kursi di dapil bersangkutan,” jelasnya.
Sedangkan penghitungan tahap kedua, sisa kursi akan dibagikan kepada parpol satu demi satu secara berurutan sesuai perolehan suara terbanyak hingga jatah kursi habis, dimulai dari parpol yang mempunyai sisa suara terbanyak dengan menerapkan sistem ranking.

Berdasarkana data yang diolah dari hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan KPU PPU bakal terdapat 16 wajah lama yang kembali duduk untuk periode lima tahun mendatang. Sedangkan sisanya, 9 kursi diisi wajah lama. Ini berarti, sejumlah caleg inkumben yang maju di Pileg 9 April lalu untuk DPRD penajam Paser Utara (PPU) masih mendominasi perebutan 25 kursi wakil rakyat untuk periode 2014-2019. (nav)

Sumber: korankaltim.com

Leave a Reply