• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

KPU PPU Terima 121.988 Lembar Surat Suara Pilpres

PENAJAM, KPUD-PENAJAMKAB.GO.ID– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mulai melipat dan menyortir surat suara pemilihan presiden (pilpres) 2014. Ketua Divisi Logistik dan Keuangan KPU PPU, Suherman Syah  mengatakan, ada 121.988 lembar surat suara yang diterima KPU PPU dari pusat, dan sekira 30 persen diantaranya telah disortir. Pada saat penyortiran itu, ditemukan sejumlah surat suara mengalami kerusakan.

“Penyortiran yang dilakukan mulai Selasa (24/6) dan hari ini (kemarin, Red) terdapat 101 lembar surat suara rusak. Surat suara ada yang sobek dan bolong seperti bekas coblosan di pinggir gambar calon, bahkan ada yang di tengah, gambar buram atau tidak jelas,” kata Suherman Syah pada Balikpapan Pos, Rabu (25/6) kemarin.

Ia menjelaskan, surat suara yang mengalami kerusakan, selain kertas tergolong tipis sehingga rawan rusak seperti bekas coblosan. Namun hal tersebut, dirinya memastikan bahwa kerusakan surat suara ini, pada saat proses percetakan.

“Kertasnya tipis, jadi surat suara ada yang rusak. Kalau yang bolong-bolong itu bukan bekas coblosan, hanya rusak biasa. Karena dalam satu surat suara terdapat dua atau tiga seperti bekas coblosan,” jelasnya.

Suherman Syah yang akrab disapa pak Haji itu menuturkan, pelipatan dan penyortiran surat suara dikerjakan sekira 12 orang dan ditargetkan selesai hari ini. “Ada 12 orang yang menyortir, semuanya dari staf KPU sendiri. Kita tidak mengambil masyarakat umum karena suarat suara pilpres tidak sebanyak pileg lalu. Besok (hari ini, Red.) kita targetkan penyortiran rampung,” tuturnya.

Terkait dengan surat suara yang rusak, KPU PPU nantinya akan melaporkan kepada KPU Provinsi. “Kita akan tembuskan ke KPU Provinsi. Namun, setelah penyortiran telah selesai dan kerusakan tidak terlalu banyak, dan suarat suara yang kondisinya baik dan cukup untuk didistribusikan ke 333 TPS, maka tidak perlu ada penambahan, atau pergantian surat suara yang rusak,” tandasnya.

Suherman menambahkan, logistik pilpres yang dibutuhkan telah lengkap, termasuk formulir telah diterima KPU PPU yang sebelumnya sempat terlambat. “Formulir sudah kita terima, dengan rincian formulir C 4.662 lembar, C1 2.331 lembar, lampiran model C1 2.331 lembar, plano 333 lembar dan hologram 999 keping,” tambahnya.

Seluruh logistik pilpres akan didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) paling lambat minus 2 hari sebelum pencoblosan. “Kita akan mendistribusikan ke PPK mulai 6-7 Juli, dan 8 Juli logistik pilpres telah didistribusikan ke masing-masing TPS,” pungkas Suherman.(bp-20)

Sumber: balikpapanpos.co.id

Leave a Reply