• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Soal Data Kependudukan, KPU PPU Gelar Pertemuan dengan Disdukcapil

 

PENAJAM – Meski pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah akan dilangsungkan pada tahun 2018 mendatang, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan konsolidasi program kinerja.

 

Belum lama ini, KPU PPU yang dikoordinir oleh Divisi Program dan Data menggelar pertemuan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara. Pertemuan tersebut guna melakukan komunikasi antarlembaga sekaligus mensinergikan berkaitan dengan data kependudukan, yang nantinya menjadi bahan bagi KPU untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.

 

Sebelumnya KPU Penajam Paser Utara telah melayangkan surat secara resmi tentang permintaan data mutasi penduduk atau data pergerakan penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih baik datang atau pun keluar dari wilayah. Data mutasi keluar digunakan untuk menyaring pemilih sedangkan data mutasi masuk digunakan untuk mcnambahkan pemilih. Hal ini dilakukan karera Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan satu-satunya daerah di Kalimantan timur yang tidak melaksanakan Pemilihan Kepala daerah serentak pada tahun 2016 lalu.

 

Dalam beberapa kali pertemuan berkala tersebut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan respon positif dan menyampaikan bahwa Dinas masih dalam proses penyiapan data tersebut dan segera dilaporkan kepada Kemendagri.

 

Pada hari Jumat, 15 Juli 2016 Kemendagri menyerahkan daftar Agregat Kependudukan (DAK2) dan DAftar Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) kepada Komis pemilihan Umum (KPU) Pusat selanjutnya KPU RI meneruskan data tersebut ke KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. (kpu/ppidppu)

 

Leave a Reply