• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Bedah dan Kajian Regulasi: PKPU 12 Tentang Kampanye

PENAJAM – Jajaran staf dan komisioner hadir dalam rapat pleno mingguan yang biasa digelar setiap Hari Senin. Kali ini, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar kajian dan diskusi untuk membedah regulasi yakni Peraturan KPU Nomor 12 Tentang Perubahan atas  Peraturan   Komisi  Pemilihan  Umum Nomor  7 Tahun 2015 Tentang Kampanye Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota.

Dalam presentasi tersebut, dipimpin Divisi Sumber Daya Manusia dan Partispasi Masyarakat, Feri Mei Efendi dalam memaparkan tentang proses dan mekanisme kampanye menurut Peraturan KPU Nomor 12. Misalnya, jenis-jenis alat peraga kampanye (algaka), jenis dan metode kampanye, jenis, hingga personel atau lembaga yang akan berkampanye untuk masing-masing pasangan calon. Hingga sanksi bagi pasangan calon yang melanggar sejumlah ketentuan dan mekanisme kampanye. Di mana dalam peraturan KPU Nomor 12 ini juga mengatur sanksi yang tegas yakni pembatalan pasangan calon, jika tidak mematuhi aturan yang berlaku.

Feri berharap, nantinya dalam proses sosialiasi hal-hal penting dan yang baru dan mengandung sanksi tegas akan menjadi perhatian khusus. Sehingga tim sukses pasangan calon bisa memahami regulasi-regulasi yang baru,.

“Jadi ada banyak yang baru dan saya pikir ini atensi bagi kita dan peserta Pilkada nanti. Makanya, dengan adanya diskusi dan kajian regulasi ini, maka penyelenggara sudah prepare meskipun Pilkada kita masih 2018. Karena di tahun 2017 nanti kita tidak hanya memasuki tahapan Pilbup namun juga Pilgub dan tahapan Pileg dan Pilpres, jadi kita siap-siap sambil menunggu regulasi-regulasi yang baru,” jelasnya.

Diskusi dan kajian tersebut akan berlangsung setiap Hari Senin, dan akan bergilir sesuai masing-masing divisi. Hadir dalam kegiatan tersebut , seluruh Kepala Sub Bagian yakni Kasubag Hukum Asmadiana, Kasubag Program dan Data Ardiansyah, Kasubag Teknis Ardimansyah dan Kasubag Umum Andi Linda Marlis, serta Sekretaris Salman dan Ketua KPU PPU serta komisioner  Divisi Perencanaan dan Data Tono Sutrisno dan Divisi Teknis Saharuddin Yunus serta staf hukum Priyo. (kpu/ppidppu).

Leave a Reply