• +62-542-7211353; Fax: (0542) 7211363
  • contact@kpud-penajamkab.go.id
  • Senin-Jumat 08.00-16.00 Wita

Tingkatkan Kapasitas, KPU PPU Gelar Diskusi Internal

PENAJAM – Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan kegiatan yang berdampak paada peningkatan kompetensi di internal KPU PPU.

Senin (3/10/2016) bertempat di Kantor KPU PPU, seluruh Kepala Sub Bagian yakni Kasubag Hukum Asmadiana, Kasubag Program dan Data Ardiansyah, Kasubag Teknis Ardimansyah dan Kasubag Umum Andi Linda Marlis, serta Sekretaris Salman dan Ketua KPU PPU serta komisioner  Divisi Perencanaan dan Data Tono Sutrisno dan Divisi Teknis Saharuddin Yunus hadir dalam kegiatan rapat pleno yang biasa digelar setiap hari Senin.

Namun dalam rapat kali ini, selain membahas berkaitan dengan progres Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta RKA Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  yang akan digelar pada Juni 2018 mendatang, namun juga digelar rapat peningkatan kapasitas.

Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi yang memimpin rapat dan menjabarkan sekaligus mengingatkan kembali akan peran, tugas dan fungsi sebagai penyenggara.

Ditambahkan, secara umum prinsip kepemiluan yakni penyusunan peraturan, perencanaan dan pengangggaran, pelaksanaan, pengawasan, penegakan hukum, pelaporan dan evaluasi. “Jadi prinsip di atas tidak hanya untuk tahapan kegiatan kepemiluan, namun juga mengacu pada prinsip-prinsip kinerja secara kelembagaan di KPU khususnya di KPU PPU,” tandasnya.

Selain itu, prinsip kepemiluan juga mengenai bagaimana melakukan kegiatan yakni pembentukan daerah pemilihan, pendaftaran parpol sebagai peserta, pendaftaran pemilih, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil dan pelantikan serta gugatan hukum.

Ditambahkan, lanjut Feri, Peraturan KPU tahun 2016 ini sudah mencapai 15 peraturan, di mana ada beberapa Perubahan Peraturan KPU. “Kami sebagai penyelenggara di dareah akan melaksanakan apa yang di regulasi baik UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada maupun sejumlah Peraturan KPU, meskipun Pilkada di PPU masih tahun 2018. Tapi kegiatan ini sebagai bagian persiapan kita agar lebih massif dan kapasitas kita sebagai penyelenggara semakin baik,” tambahnya. (ppid/kpuppu)

 

Leave a Reply